Riau Raya

Audit atas Riau Airline Sudah 60 Persen

PEKANBARU-Audit maskapai penerbangan Riau Airline (RAL) yang dilakukan tim independen sudah mencapai 60 persen. Pemerintah Provinsi Riau menargetkan audit itu selesai pada Juni 2013 mendatang.

"Saat ini, proses audit RAL tengah berjalan. Jika tim telah mencapai sepakat, hasil dari audit itu akan mencapai maksimal. Kinerja dari BUMD yang baik adalah audit," kata Kepala Biro Perekonomian Setdaprov Riau, Burhanudin, kemarin.

Sebut Burhanudin, untuk mencapai hasil audit yang maksimal, memang perlu waktu dan tidah bisa berdasarkan pesanan. "Persoalan RAL begitu banyak proses. Kita ingin betul mencari benang merahnya dalam menyelesaikan persoalan ini," ungkap Burhanudin.

Diakuinya, untuk menyelesaikan masalah RAL tak semudah membalik telapak tangan. "Kalau badan usaha yang jalannya sudah bagus, auditnya lebih mudah. PT RAL yang kondisinya hancur, harus benar- benar diaudit," paparnya.

Kendati demikian, Burhanudin mengharapkan hasil audi dari RAL dilakukan dengan benar. "Kalau audit tidak memiliki kemampuan yang baik, orang tidak mau masuk.  PT RAL benar-benar harus diluruskan," tutupnya. (rep02)