Fokus Rohil

Warga Peduli AIDS Bangko Pusako Terbentuk

BAGANSIAPIAPI - Warga Peduli AIDS (WPA) Kecamatan Bangko Pusako, Kabupaten Rohil, secara resmi telah dibentuk. Keberadaan WPA yang merupakan perpanjangantangan dari Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Rohil, dapat melaksanakan perannya sebagai penyampai informasi serta melakukan kegiatan-kegiatan untuk pencegahan penyakit HIV/AIDS.

Membentuk WPA itu sendiri sebenarnya sudah menjadi agenda kita. Dimana setiap kecamatan di Rohil punya WPA. Makanya, setelah di Kecamatan Sinaboi, kita bentuk di Kecamatan Bangko Pusako. Setelah itu kita rencanakan di Kecamatan Bangko," kata Sekretaris KPA Kabupaten Rohil, dr tribuana Tungga Dewi, Rabu (15/5) kemarin di Kepenghuluan Bangko Pusako.

Membentuk WPA di semua daerah di wilayah Kabupaten Rohil, lanjut Tribuana, sangat diperlukan mengingat jumlah kasus HIV/AIDS di Kabupaten Rohil sejak tahun 2010 sampai 2013 sudah tercatat sebanyak 93 kasus. Dari 93 kasus tersebut, 13 diantaranya telah meninggal dunia.

Sementara, WPA Kecamatan Bangko Pusako yang telah dibentuk tersebut berjumlah sebanyak 30 orang. Terdiri dari kaum ibu dan kader. Termasuk para petugas kader yang ada di semua kepenghuluan yang ada di wilayah Kecamatan Bangkopusako. "Tujuannya WPA ini adalah memunculkan kepedulian warga agar cepat tanggap terhadap penyakit HIV/AIDS yang ada di daerahnya masing-masing.  Hal seperti ini, sangat diperlukan dalam upaya menekan kasus penyakit HIV/AIDS itu," kata Tribuana. (rep02)