Fokus Rohil

Dishut Rohil Bina Pengusaha Kayu

ROKAN HILIR - Para pengusaha kayu di Kabupaten Rokan Hilir, Riau, mendapat pembinaan tentang pelaksanaan sistem verifikasi legalitas kayu Industri Primer Hasil  Hutan Kayu (IPHHK) oleh Dinas Kehutanan setempat setelah semakin menurun bahan baku kayu.
 
Kegiatan yang dibuka Kepala Dinas Kehutanan Rohil, Rahmatul Zamri, di Hotel Lion, Bagansiapiapi, Selasa (23/9). Pada kesempatan itu, kadis memaparkan perolehan iuran dari usaha ini untuk negara trend menurun, termasuk produksi kayu gergajian dan produksi kayu lapis.
 
Sedangkan usaha-usaha berbahan baku kayu yang aktif di Rokan Hilir katanya, mulai dari Dok/galangan kapal, panglong kayu gergajian, indutri pengolahan gagang sapu/gagang skop dan pengumpul kayu gaharu.
 
Permasalahan yang dihadapi, kurangnya pemahaman dari pelaku usaha tentang aturan-aturan kehutanan yang ada, termasuk aturan yang berubah-ubah. “150 aturan keluar tiap tahunnya,” katanya.
 
Permasalahan lain, sulitnya memperoleh bahan baku, padahal minat pelaku usaha tinggi, terbentur izin, kurang sosialisasi, kurang pembinaan terhadap pengusaha serta terbatasnya SDM pada Dinas Kehutanan sendiri.
 
"Para pengusaha tersebut diharapkan tetap tegar dengan semakin menipisnya bahan baku," harapnya. (rep01/MCRiau)