Sport

Van Gaal: Rooney tak Spektakuler Sebagai Penyerang

MANCHESTER - Pelatih Louis van Gaal menilai Wayne Rooney tampil di bawah performa saat beraksi di lini depan Manchester United. Rooney dihadiahi ban kapten oleh Van Gaal, tapi basib buruk United selepas ditangani David Moyes belum juga berubah.
 
Moyes membawa United ke peringkat ketujuh Liga Primer Inggris musim 2013/2014, namun dipecat sebelum ia genap mengakhiri tugasnya selama satu musim. Sementara di bawah Van Gaal, Iblis Merah hanya mengemas satu kemenangan dari lima pertandingan liga, plus satu kekalahan 0-4 dari klub MK Dons di Piala Liga.
Van Gaal menyebut Rooney tak tampil sesuai standarnya sebagai striker. Meskipun pemain berusia 28 tahun itu sudah mencetak dua gol, Van Gaal memberikan isyarat akan memainkan Radamel Falcao lebih sering.
 
"Kami telah bermain amat baik dan bisa terus berkembang. Saya tidak puas dengan Rooney sebagai striker dan (Juan) Mata sebagai gelandang," kata eks pelatih tim nasional Belanda ini seperti dikutip Four Four Two, Senin (22/9).
 
"Itu sebabnya saya membuat perubahan, Rooney bisa bermain di berbagai posisi, pemain multifungsi. SEbagai striker dia bagus tapi tidak spektakuler. Falcao seorang striker dan saya kira dia bisa melakukannya dengan lebih baik," kata Van Gaal. 
 
Rooney mengakui dia berubah. Tapi ia menampik telah menurun. Justru saat ini ia merasa permainannya semakin berkembang. Rooney merasa dia lebih cerdas dalam mengambil keputusan kapan berada di dalam kotak penalti dan kapan tidak. Ia mengaku tak masalah dimainkan lebih ke sisi sayap oleh Van Gaal. (rep01/rol)