Riau Raya

Warga Riau Diimbau Mulai Gunakan Masker

PEKANBARU - Beberapa hari belakangan ini, Provinsi Riau diselimuti kabut asap tebal. Dinas Kesehatan (Diskes) pun meminta masyarakat menggunakan masker saat ke luar rumah.
 
Peringatan itu terkait memburuknya kondisi udara Riau akibat kabut asap yang bersumber dari kebakaran hutan. Berdasarkan alat pengukur pencemaran udara, Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) menunjukkan udara Riau sudah tidak sehat.
 
"Kita meminta kepada masyarakat untuk menggunakan masker apabila beraktivitas di luar rumah. Ini karena kondisi udara saat ini kurang baik," imbau Kabid Pencegahan Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P4L) Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Andra Kamis  (18/9/2014).
 
Penyakit yang ditimbulkan kabut asap akibat partikel ini paling rentan menyerang pada warga lansia (lanjut usia) dan anak-anak. Penyakit yang timbul karena asap di antaranya Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), iritasi mata, gangguan kulit, dan asma.
 
"Kita minta warga mengurangi aktivitas di luar rumah. Apabila ada kebutuhan mendesak pergunakan masker," terangnya. (rep01/ozc)