Hukum

Aneh, Israel Justru tak Masuk Koalisi Anti-ISIS

Oposisi Pemerintah Israel menyatakan Perdana Menteri Benyamin Netanyahu adalah alasan utama Israel tak masuk koalisi Anti-ISIS. Penyebabnya jelas, menurut Partai Buruh Israel, karena Israel yang dipimpin kelompok sayap kanan selalu menolak berdamai dengan Palestina.
 
Dikutip dari laman Israel National News,  Ketua Partai Buruh, Yitzchak Herzog menyatakan sejak lama, Israel tak pernah masuk dalam koalisi internasional untuk membela Timur Tengah. Hal ini sangat disayangkan karena Israel saat ini berada di jantung Timur Tengah.
 
Di saat yang sama, sekutu Israel, Amerika Serikat sedang membangun koalisi dengan negara Arab untuk melawan ISIS. Sejak era Irak yang dipimpin Saddam Hussein hingga ISIS, Koalisi Amerika tak pernah meminta Israel.
 
Padahal jika dirunut, rudal SCUD Irak ketika itu sampai ke wilayah Israel. Namun patut diingat, menurut dia, ketika itu Israel dipimpin Partai Likud, Yitzchak Shamir yang menolak bernegosiasi dengan Palestina.
 
''Jika Netanyahu dan menterinya berperilaku berbeda dan bernegosiasi dengan Mahmoud Abbas dengan cara yang sopan, Israel akan menjadi bagian dari koalisi,'' tutur Herzog ketika diwawancarai sebuah radio, Kamis lalu. Ia menambahkan fakta ini juga menunjukkan kegagalan diplomatik Netanyahu.
 
Sementara itu, Duta Besar AS untuk Israel, Dan Shapiro mengatakan negaranya akan terus membangun kerja sama, baik diplomatis maupun militer. Apalagi Israel adalah mitra penting AS di Timur Tengah. (rep05)