Sosialita

Asyik, Kini HP juga Bisa untuk Kirim Uang

Bank Indonesia (BI) berkomitmen untuk terus mendorong sistem keuangan untuk semua atau financial inclusion. Salah satunya adalah melalui fasilitas yang dimiliki oleh para operator seluler. Saat ini tiga operator terbesar di Indonesia, yakni Telkomsel, XL dan Indosat, berkolaborasi luncurkan inovasi berupa layanan e-money interoperability (P2P transfer) atau layanan pengiriman uang elektronik lintas operator.

"Kirim uang lintas operator. Ini adalah sambung menyambung dan ini merupakan program besar dari sistem keuangan inklusif," kata Gubernur BI, Darmin Nasution di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Rabu (15/5).

Kolaborasi tiga operator terbesar ini bertujuan untuk mengembangkan dan memperluas jaringan layanan pengiriman uang eletronik di Indonesia dengan meningkatkan percepatan layanan uang elektronik. Dan menambahkan jalur distribusi, meningkatkan trafik sms.

Direktur Utama Telkomsel Alex J Sinaga mengungkapkan dengan adanya pengiriman uang elektronik lintas operator, maka seluruh pelanggan tiga operator yang berjumlah sekitar 230 juta pelanggan, dapat melakukan transaksi uang. Contohnya, pelanggan TCASH (telkomsel) dapat melakukan transaksi transaksi transfer pelanggan XL tunai (XL) maupun ke pelanggan dompetku ( Indosat) begitu pun sebaliknya.

"Banyak manfaat yang di dapatkan pelanggan, di-antaranya pelanggan dapat dengan mudah dan leluasa melakukan transaksi keuangan melalui ponsel," kata Alex.

Sementara itu, Direktur Utama Indosat Alexsander Rusli mengungkapkan bersatunya tiga operator ini memungkinkan terciptanya layanan digital payment. Layanan ini, tentunya mendukung program BI dan pemerintah dalam memperluas less cash society.

"Diharapkan ke depan hal ini juga akan mendukung pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan karena kemudahan transaksi keuangan secara elektronik yang dapat dinikmati masyarakat lebih luas," jelasnya. (rep02)