Fokus Rohil

Satu Kecamatan di Rohil Banjir Akibat Penyumbatan Drainse

ROKAN HILIR - Sejumlah kawasan di Kecamatan Bangko, Kabupaten Rokan Hilir, Riau, banjir akibat terjadinya penyumbatan saluran air (drainase) sehingga patut untuk dilakukan penataan dan perbaikan segera.
 
"Kami menduga adanya drainase yang tersumbat sehingga mengganggu kelancaran aliran air. Itu yang kemudian mengakibatkan terjadinya genangan. Kami akan turun untuk mengecek kondisi tersebut," kata Camat Bangko, Nurhidayat, Jumat (5/9).
 
Camat dan rombongan bergerak menelusuri hampir di setiap lokasi yang ada di wilayah Bagan Hulu, Bagan Kota dan Bagan Timur. dalam peninjuan yang dilakukan diutamakan pada wilayah penduduk padat dan dataran rendah.
 
"Setelah ditinjau, hampir semua diwilayah Bagan Timur mengalami banjir, sehingga banyak rumah warga yang terendam. dugaan kita, selain ada drainase yang tidak berfungsi atau tersumbat, daerah itu juga merupakan dataran rendah," kata dia.
 
Tambahnya, pemukiman warga yang sudah menjadi sasaran banjir tahunan seperti dijalan sekip ujung sampai dengan jalan madrasah, padahal disana ada rumah bupati.
 
"Untuk itulah kami bersama rekan lainnya melihat langsung, sekaligus melihat salurannya apakah masih berpungsi atau tidaknya dan jika ditemukan saluran yang tidak berfungsi moga secepatnya bisa dinormalisasi," paparnya. (rep01/MCRiau)