Fokus Rohil

Dinsos Rokan Hilir Tunggu Laporan Banjir

Ilustrasi
ROKAN HILIR - Dinas Sosial Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau, mengaku belum menerima laporan adanya warga yang terkena musibah banjir dan jika ada akan ditindak lanjuti dengan cepat.
 
"Belum ada laporan, artinya tidak ada warga yang daerahnya terkena bencana banjir. Apalagi, Rokan Hilir daerahnya banyak terdiri dari rawa sehingga jika hujan sedikit air akan naik," kata Kepala Dinas Sosial Rohil Sukma Alfalah, Rabu (3/9).
 
Menurutnya, pihaknya segera merespon jika menerima adanya laporan warga yang menjadi korban banjir. Persoalan banjir juga bukan pertama kali di Kabupaten Rohil, kasus serupa sering terjadi, namun biasanya air hanya sampai kehalaman rumah saja.
 
"Kita hanya tunggu laporan, tidak ada mendata. Karena memang biasanya kalau intensitas hujan tinggi air pasti naik hingga menggenangi halaman rumah warga," ujarnya.
 
Sebelumnya diberitakan, akibat tingginya intensitas curah hujan membuat beberapa kepenghuluan direndam banjir. Seperti di Kecamatan Bangko yang tidak luput dari genangan air.
 
Durasi hujan yang turun setiap hari membuat parit penuh dan tidak dapat menampung besarnya volume air. Akibatnya air meluap memenuhi pekarangan rumah warga."Kalau rumah saya sudah masuk diteras. Sudah seminggu air tidak terlihat menyusut," kata Ferry warga Kecamatan Bangko.
 
Menurutnya, ketinggian air sudah mencapai 30 centimeter dihalaman rumah penduduk. Banjir yang melanda sebahagian besar ibukota kecamatan ini membuat aktifitas masyarakat terkendala."Kita belum ada laporkan tetapi jika air tidak kunjung surut kami akan laporkan kekelurahan," ungkapnya. (rep01/MCRiau)