Sosialita

Pesaing Honda Brio dari Proton Meluncur 2015

Bertepatan dengan perayaan Ulang Tahun Kemerdekaan Malaysia Ke-57, (31/8/2014), Proton mulai membuka petunjuk untuk mobil kompak yang akan dipasarkan secara global. Melalui microsite betulbetulonz.com.my, produsen mobil pelat merah itu memamerkan wajah dan mengungkap beberapa fitur.
 
Seperti dirilis Paultan.org di hari yang sama, mayoritas penampilannya mengejutkan. Tidak seperti yang selama ini ditebak-tebak. Beberapa komponen bahkan tampak mewah, seperti desain lampu utama yang mengombinasikan xenon dan reflektor cantik.
 
Yang menarik, terdapat enam kantong udara yang menyebar dari depan hingga samping mobil. Belum diketahui, apakah fitur ini akan dipakai untuk semua tipe atau hanya untuk varian tertinggi. Lay out interior juga sudah jelas lewat gambar yang diambil dari atas.
 
Foto lain juga menunjukkan berbagai fitur yang cukup baik dan jarang ditemukan pada mobil sekelasnya. Misal, layar monitor sentuh dengan parkir mundur, navigasi, radio, media, dan bluetooth. Tombol start/stop, yang diletakkan di salah satu sudut dasbor yang berkesan premium.
 
Fitur keamanan termasuk canggih, terdapat logo Vehicle Dynamics Control yang secara tak langsung menunjukkan mobil ini punya fitur ESC. Bekal mesin sudah jelas, 1.300cc dan 1.600cc dengan VVT. Konfigurasi mesin diklaim baru dari seri-seri mesin Campro khas Proton sebelumnya.
 
Jika sudah meluncur, mobil ini akan bersaing dengan city car kompak lain seperti Honda Brio, Hyundai Grand i10, hingga Kia Picanto. (rep05)