Sosialita

Kiat Sederhana Biar Laki-laki Punya Jantung Kuat

Pria kuat tidak hanya dinilai dari besar otot yang dimilikinya atau ketangguhannya berhubungan intim di atas ranjang. Pria kuat harus juga memiliki jantung yang kuat. Dari beberapa indikator, pria ternyata memiliki status kesehatan yang lebih buruk dibandingkan dengan wanita.
Data statistik menunjukkan bahwa angka kematiaan pria pun lebih tinggi dibandingkan wanita. Ada beberapa cara yang bisa membuat jantung pria tetap kuat. Berikut cara cara yang dapat membuat jantung pria tetap kuat seperti yang dilansir Menshealth:

1. Anda dan keluarga Anda harus Berhenti merokok.

Cara paling jitu untuk membuat jantung tetap kuat adalah dengan berhenti merokok. Selain itu, pastikan juga tidak ada anggota keluarga di rumah Anda yang merokok. Pria yang memiliki anggota keluarga yang juga perokok menghadapi 92% peningkatan resiko serangan jantung. Bernapas pada udara yang yang tercemar asap rokok dapat meningkatkan kolesterol jahat, menurunkan kolesterol baik dan meningkatkan kecenderungan penggumpalan darah.

2. Olahraga selama 30 menit, 4 kali seminggu

Pada pria tengah baya, olahraga selama 2 jam atau lebih dalam seminggu secara komulatif dapat mengurangi 60% resiko serangan jantung. Dengan olahraga yang teratur dapat membantu memperlancar peredaran darah.Pilihlah olahraga yang sesuai dengan usia Anda. Lari dan berjalan kaki adalah olahraga yang baik dan bermanfaat untuk kesehatan jantung.

3.Turunkan berat badan bagi yang gemuk

Jika Anda kelebihan berat badan, menurunkan 4,5 hingga 9 kg dapat secara signifikan mengurangi resiko serangan jantung. Lemak yang berlebihan tidak baik bagi kesehatan jantung.

4. Minum 8 gelas air putih setiap hari

Pria yang minum 8 gelas air putih setiap hari dapat mengurangi resiko serangan jantung sebanyak 54% ketimbang pria yang minum 2 gelas atau kurang. Penelitian menyatakan bahwa air dapat membantu mengencerkan darah sehingga mampu mencegah pembekuan darah.

5. Ganti kebiasaan minum kopi dengan minum teh

Dari penelitian menemukan bahwa minum 3 cangkir teh sehari dapat mengurangi resiko serangan jantung ketimbang yang tidak minum teh sama sekali. Potensi antioksidan yang terkandung dalam teh yaitu Flavonoid dapat memberikan efek pelindung pada jantungdan pembuluh darah.

6. Makan Salmon pada hari Sabtu dan Tuna pada hari Minggu

Para peneliti di Harvard School of Public Health mengatakan makan ikan setidaknya dua kali dalam seminggu dapat menurunkan resiko penyakit jantung lebih dari 30%. Kuncinya adalah pada kandungan asam omega-3. Omega-3 bermanfaat untuk menjaga denyut jantung agar tetap stabil.

7.Tanyakan Dokter apakah Anda butuh Vitamin E dan Aspirin

Menurut penelitian terbaru University of Pennsylvania,pria yang mengkonsumsi vitamin E dan Aspirin dapat memotong resiko penumpukan plak pada arteri hingga 80%. Tapi ingat lebih baik jika Anda mengkonsultasikannya terlebih dahulu pada dokter Anda.

8. Makan Semangka

Kandungan sekitar 40% lebih Lycopene ditemukan dalam tomat, dan studi baru menunjukkan bahwa tubuh dapat menyerap lebih banyak Lycopene pada semangka yang kaya akan air. Teratur makan semangka dapat mengurangi resiko penyakit jantung.

9. Minum Jus Kulit Manggis

Perlu Anda ketahui buah manggis mengandung zat antioksidan tertinggi dibandingkan buah-buahan yang lain. Zat anti oksidan tersebut dinamakan Xanthone. Xanthone pada manggis paling banyak terdapat pada bagian kulitnya. Zat antioksidan sangat bermanfaat untuk melawan radikal bebas. Kalau Anda tidak suka dengan rasanya yang pahit dan sepat, Anda bisa memilih mengkonsumsi produk olahan jus kulit manggis yang sudah di ekstrak. (rep02)