Hukum

Giliran Pangkalan Udara Suriah Dikuasai ISIS

TAQBA - Kelompok militan Islamic State of Iraq and Syiria (ISIS) dilaporkan berhasil merebut pangkalan udara di Suriah pada Minggu 24  Agustus 2014. Perebutan ini terjadi usai pasukan pemerintah melakukan pertempuran dengan kelompok ISIS di Pangkalan Udara Taqba, Suriah.
 
Melansir dari Reuters, Senin (25/8/2014), seorang saksi mata mengatakan dekat Kota Raqqa terdengar suara tembakan dan beberapa tempat ibadah mengumumkan melalui pengeras suara bahwa pangkalan itu telah jatuh ke tangan ISIS. Mereka pun bersorak ‘Tuhan Maha Besar’.
 
Sumber militer Suriah, mengatakan usai evakuasi bandara berhasil tentara terus melancarkan serangan terhadap kelompok ISIS.  Menurut stasiun televisi Pemerintah Suriah setelah pertempuran itu berlangsung pihak militer kembali menyusun kembali pasukannya.
 
Dalam insiden itu, sebanyak 50 tentara Suriah dilaporkan gugur.
 
Menurut sebuah lembaga atau observatorium yang berbasis di Inggris, sebelum pangkalan itu dikuasai pasukan pemerintah telah mengebom daerah yang berada di sekitar lokasi.
 
Seperti diketahui, Kota Raqqa yang dekat dengan Sungai Efrat merupakan basis dari ISIS di Suriah. Selama beberapa pekan terakhir, kelompok ISIS dikabarkan telah berhasil merebut tiga pangkalan militer Suriah.(rep05)