Riau Raya

Riau Juarai Festival Dragon Boat Padang

Tim dayung perahu naga Kalteng (1), adu cepat dengan tim dayung Jabar (2), tim dayung Papua Barat (3), dan tim dayung Riau (4), pada pertandingan peny
Padang - Tim dari Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PODSI) Riau dinobatkan sebagai juara umum Padang International Dragon Boat Festival ke XII 2014. Perlombaan yang diikuti tim dari dalam dan luar negeri ini diselenggarakan di area Banjir Kanal GOR H Agus Salim Padang, sejak Jumat - Minggu, 21-24 Agustus 2014.
 
Ketua pelaksana lomba, Suardi mengatakan, lomba tahunan ini diikuti 32 tim, yang terdiri dari 29 tim dalam negeri dan tiga tim dari luar negeri, seperti Singapura, Malaysia dan Brunei Darussalam. "Total hadiah kita untuk tahun ini sebesar Rp205 juta," ujarnya.
 
Menurut Suardi, Riau berhasil menjadi yang tercepat di tiga cabang, yaitu cabang 22 pendayung putra, 22 pendayung putri dan 22 pendayung campuran. Empat berturut-turut Riau menjuarai lomba yang disudah diselenggarakan sejak 12 tahun yang lalu ini.
 
Sementara, untuk kategori antara bangsa, dijuari tim Indonesia. Di peringkat kedua Malaysia dan disusul tim dari Singapura. Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah mengatakan, lomba ini diharapkan bisa menarik minat wisatawan di daerah ini. "Ini agendakan tahunan, yang berefek kepada perekonomian khususnya bagi ekonomi kreatif dan UMKM," ujarnya.
 
Menurut Mahyeldi, arena perlombaan ini akan dijadikan sebagai pusat olahraga air di Padang. "Pastinya akan kita benahi area ini," ujarnya.
 
Menteri Pemuda dan Olahraga, Roy Suryo mengatakan, kegiatan ini harus dilestarikan. Apalagi Sumatera Barat dikenal sebagai sport tourism. "Even ini bisa diteruskan. Jadi jangan tergantung menterinya. Karena ini bagus sekali," ujarnya usai menutup festival lomba perahu naga ini, Minggu malam 24 Agustus 2014.
 
Menurut Roy, kegiatan ini bisa mewujudkan Kota Padang sebagai destinasi olahraga dan pariwisata. "Kita harus membangkitkan Indonesia, tidak hanya dari sisi olahraga tapi juga pariwisata," ujarnya. Roy mengaku, di ujung masa jabatannya, ia selalu memberikan semangat kepada daerah. Termasuk kota Padang. (rep01/tco)