Fokus Rohil

Bupati Rohil Intruksikan SKPD Gesa Program

ROKAN HILIR - Bupati Kabupaten Rokan Hilir, Riau, Suyatno, menginstruksikan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk menggesa berbagai program yang belum dituntaskan mengingat masih kecilnya serapan anggaran belanja daerah terhadap realisasi kegiatan.
 
Hal itu diungkapkan Bupati Rokan Hilir Suyatno, Rabu (20/8), di Bagansiapiapi, dimana seranpan anggaran belanja daerah hingga pertengahan agustus 2014, diperkirakan sebesar 40 persen. Oleh karena itu, SKPD diminta mengesa program yang sudah direalisakan.
 
"Waktu yang untuk menggunakan anggaran yang hanya tersisa 4 bulan lagi, jadi sebaiknya dimaksimalkan," tegas bupati.
 
Ditegaskan juga, program kerja tahun 2014 ini semuanya sudah bagus, dari itu diminta  agar masing -masing satker segera menggunakan anggaran yang sudah ada. Lanjutnya, jelang tiga hari lagi, seluruh satuan kerja melalui pokja akan melakukan lelang tender proyek melalui LPSE. Dengan demikian, progress penggunaan anggaran APBD akan bertambah. Sesuai target, akhir desember nanti penggunaan anggaran APBD diperkirakan mencapai 84 persen.
 
"Sudah kesepakatan kita sewaktu mengadakan rapat dengan badan anggaran antara dewan dan pemerintah kemarin," kata Suyatno yang menilai lambatnya penyerapan karena ada perubahan aturan dalam pengadaan barang dan jasa. 
 
Dia mengungkapkan, kendala yang dihadapi pemerintah untuk mengejar penyerapan APBD salah satunya adalah menunggu proses lelang dari unit layanan pengadaan barang dan jasa ( ULP ) kabupaten Rokan Hilir. 
 
Menurutnya, bulan agustus dan september bisa memicu percepatan penyerapan melalui tender proyek  sehingga target yang telah ditetapkan bisa tercapai. Ketika menyinggung kiat agar penyerapan APBD bisa berjalan dengan baik, Suyatno mengatakan tidak ada kiat tertentu karena apabila program yang tidak bisa dilaksanakan akan dimatikan atau dialihkan.(MCRiau)