Sosialita

Samsung Galaxy S5, Ponsel yang Istimewa

Jakarta - Perusahaan analis Strategy Analytics menyatakan, meski pangsa pasar ponsel pintar Samsung menurun dibanding tahun lalu, perusahaan asal Korea Selatan ini masih tetap memimpin dengan 31,2 persen. Tahun lalu, Samsung menguasai pangsa pasar 32,4 persen pada kuartal yang sama.
 
Galaxy S4 menjadi andalan Samsung untuk menguasai pasar ponsel pintar premium tahun lalu. Ponsel ini mendapat banyak penghargaan meski tak lepas pula dari kritik. Salah satunya lantaran Samsung terlalu menjejali ponsel ini dengan software yang “tak berguna” bagi kebanyakan orang awam.
 
Selain itu, user interface yang terlalu rumit dan bahan plastik yang dipakai untuk membungkus bodinya menjadi sasaran kritik. Tahun ini, Samsung mengeluarkan generasi penerus Galaxy S4, yang diberi nama Galaxy S5. Untuk mengetahui perbedaan dari S4, Tempo mencoba Galaxy S5 selama sepekan.
 
DESAIN
Kritik yang dilontarkan rupanya tak menyurutkan Samsung untuk tetap menggunakan bahan plastik pada Galaxy S5. Salah satu keuntungan dari bahan ini adalah bobot ponsel menjadi lebih ringan dibanding pesaingnya, seperti Sony Xperia Z2, HTC One M8, atau iPhone 5S. Bahkan lis kromium yang terkesan seperti metal di sekeliling S5 juga terbuat dari plastik.
 
Dari segi fisik, Galaxy S5 dan S4 tak beda jauh. Hanya, layar S5 sedikit lebih lebar, yakni 5,1 inci. Galaxy S5 juga dilengkapi dengan pemindai sidik jari yang disematkan pada tombol home. Fitur unggulan lainnya adalah pemindai detak jantung yang ditempatkan pada bagian belakang di bawah kamera.
 
Perbedaan lain dari Galaxy S4 adalah Galaxy S5 telah bersertifikat IP67, yang artinya ponsel ini tahan air dan debu. Seperti ponsel andalan Sony, Xperia Z2, yang juga pernah diulas Koran Tempo, Galaxy S5 mampu menyelam hingga kedalaman 1 meter selama 30 menit.
 
Agar air tak masuk mesin, Galaxy S4 dilindungi dengan penutup karet pada slot USB, yang terletak pada bagian bawah ponsel ataupun pada penutup baterai di bagian belakang. Saat Tempo mencelupkan S5 ke dalam air, benar, ponsel ini masih berfungsi dengan baik tanpa masalah. (rep05)