Politik

Soal Jajak Pendapat, SBY Ingatkan Jokowi Harus Siap-siap

JAKARTA - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengingatkan kepada presiden mendatang untuk siap menghadapi ketidakpuasan publik termasuk terkait susunan kabinet yang dibentuk pada pemerintahan nanti.
Kepala Negara dalam wawancara yang diunggah ke situs youtube yang dipantau Antara di Jakarta, Jumat mengatakan pola penyusunan kabinet dengan meminta masukan secara terbuka seperti yang dilakukan oleh pasangan Joko Widodo dan Jusuf Kalla merupakan hak dari yang bersangkutan.
 
"Begitu Pak Jokowi ditetapkan sebagai presiden terpilih itu hak beliau dengan menyusun kabinet dengan meminta masukan dari masyarakat luas," katanya.
Namun Presiden mengingatkan dengan pola seperti itu maka Joko Widodo juga harus siap bila ada masyarakat yang merasa orang yang diusulkannya tidak masuk ke dalam kabinet dan merasa kecewa.
 
"Pak jokowi memilih cara seperti itu, saya hormati, namun Pak Jokowi harus siap, begitu diumumkan ada masyarakat yang tidak puas, itu politik seperti itu, sebagai sahabat Pak Jokowi (saya meminta-red), pada saatnya bisa umumkan pada publik mengapa milih figur a dan bukan figur b, itu konsekuensi dari cara yang dipilih Pak Jokowi," jelas SBY. (rep01/rcoid)