Politik

Ssstt, Pejuang ISIS disediakan Biro Jodoh

Kelompok militan Islam State of Iraq and Syria (ISIS) dilaporkan telah membuka biro perkawinan bagi wanita yang ingin menikah dengan pejuang dari kelompok itu. Biro tersebut dibuka di beberapa wilayah Suriah dan Irak.
 
"Kantor kelompok jihadis itu beroperasi dari Al-Bab, sebuah kota di Provinsi Aleppo, bagian utara Suriah. Mereka memberikan layanan bagi wanita lajang dan janda yang ingin menikah dengan para pejuang ISIS," kata kelompok pemantau Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia, seperti dilansir dari Al Arabiya, (3/8).
 
Kelompok pemantau berbasis di Inggris itu, mengutip laporan penduduk, kabarnya para wanita diminta untuk memberikan nama serta alamat mereka. Kemudian pejuang ISIS akan datang mengetuk pintu mereka dan melamar secara resmi.
 
Beberapa waktu lalu, ISIS juga memperluas kendalinya ke sektor pariwisata dengan menyediakan para jihadis fasilitas wisata untuk berbulan madu. Selain itu warga sipil pun diberi kesempatan mengunjungi bagian lain dari negaramereka menggunakan bus.
 
Sejumlah bus milik ISIS menjalankan tur dua kali seminggu dari Raqaah di Suriah ke Anbar di Irak, dengan mengibarkan bendera hitam kelompok itu dan memainkan lagu-lagu militan sepanjang perjalanan. ISIS memproklamasikan "khilafah" mereka pada bulan lalu yang meliputi wilayah di Suriah dan Irak.
Mereka mengontrol sebagian besar wilayah di bagian utara dan timur Suriah, serta perbatasan Irak hingga Suriah dan bagian utara dan barat Irak. Kelompok ini bahkan dituduh atas sejumlah kekejaman, termasuk penculikan dan pembunuhan. (rep05)