Politik

JK Sebut Banyak Elite Parpol Mulai Mendekat

JAKARTA - Munculnya isu kemenangan Pasangan Calon Jokowi-JK berdasarkan hasil rekapitulasi per provinsi menjadi momentum elite parpol di luar koalisi untuk mendekatkan diri. Komunikasi pun mulai terjalin setelah lebih dari satu bulan ini saling berkompetisi.
 
Hal itu diungkapkan cawapres nomor urut 2, Jusuf Kalla (JK), Senin (21/7). Menurut dia, elite parpol di luar koalisinya saat ini, banyak yang melakukan silaturahmi. Mereka mengucapkan selamat atas keunggulan kandidat ini dan siap untuk angkat bicara mendukung pemerintahan ke depan. 
 
"Iya memang sudah banyak yang mengucapkan selamat, dan mereka siap untuk bicara," kata JK.
 
Dia menganjurkan agar para elite parpol tersebut berusaha menahan diri untuk tidak menyatakan apapun sebelum penetapan resmi KPU Selasa (22/7) besok. Alasannya, belum ada keputusan resmi sehingga, ia belum mau bertindak meski komunikasi kepada pengurus parpol koalisi harus tetap terjalin.
 
Sedangkan tanggapan ketua umum parpol, secara resmi, kata JK, mereka seharusnya mengucapkan selamat setelah KPU menyatakan, Jokowi-JK menang dalam kontestasi itu. Dia mengatakan, belum ada kabar dari Ketum Aburizal (Ical) Bakrie dan PAN, sekaligus cawapres Hatta Rajasa.
 
"Banyak orang bertanya, pak nanti hubungi pak prabowo. Ya sangat bisa, tp biasanya yang tidak menang itu yang mengucapkan selamat kepada yg menang," ujar dia. (rep01/rpc)