Riau Raya

Pantau Arus Mudik, Polisi Terjunkan 10 HeliCam & 54 Pos di Riau

Pekanbaru - Untuk kelancaran masyarakat dalam perjalanan mudik lebaran 2014, Polda Riau menerjunkan 10 unit helikopter yang dilengkapi dengan camera (HelyCam), serta mendirikan 22 Pos Pelayanan ditambah 54 pos pengamanan. Polisi fokuskan pelayanan pada titik penyebab kemacetan.
 
Kapolda Riau Brigjend Pol Condro Kirono, mengatakan beberapa kawasan rawan Lakalantas tersebut diberi kode rawan Laka Prioritas I, yaitu Polres Kampar, Polres Rohil, Polres Bengkalis, Polres Pelalawan, dan daerah Kandis Polres Siak.
 
"Dimana lokasi ini menjadi jalur arus mudik lintas provinsi. Untuk itu, Polda Riau melalui jajaran Polres dan Polsek sudah membuat pos pengamanan dan pos pelayanan," ujar Condro, Senin (21/07).
 
Condro menambahkan, pos pelayanan ini berfungsi apabila pengendara mengalami kelelahan dan bisa digunakan untuk beristirahat. Sementara untuk pos pengamanan ditujukan di kawasan seperti jalan rusak, tempat rekreasi, hiburan rakyat, pasar tumpah, lokasi rawan bencana banjir dan longsor.
 
"10 Unit HeliCam diterjunkan untuk pemantauan kawasan udara di titik kemacetan dan keramaian. Miliki 10 buah HeliCam berjangkauan 1 kilometer Horizontal," jelas Condro.
 
Dengan kecanggihan alat tersebut, kata Condro, anggota polisi yang di pos bisa memantau kemacetan saat arus mudik. "Ini diterbangkan untuk meninjau lokasi kemacetan yang tak terjangkau oleh tim darat, jadi bisa kita lihat penyebab kemacetan, seperti kendaraan rusak dan sebagainya," terang Condro.
 
Condro juga mengatakan, satu unit HeliCam yang dioperasikan oleh Polda Riau akan di tempatkan di sekitaran perbatasan kabupaten Rohul dan kabupaten Kampar.
 
"Satu unit akan ditempatkan di perbatasan Rohul-Kampar. Karena di sana rawan kemacetan dan rawan kecelakaan," ungkap Condro.
 
Menanggapi penyebab kecelakaan yang dipicu buruknya kondisi jalan raya di Riau, polisi sudah melaksanakan dua kali rapat koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum Riau selaku pihak terkait guna membahas perbaikan jalan yang rusak, termasuk di lokasi jalan lintas di Riau, apalagi saat ini mendekati masa arus mudik lebaran. (rep01/mc)