Sosialita

Ini Alasan Ilmiahnya, Kenapa Perempuan Terobsesi Ronaldo dan Messi

Pertandingan sepak bola tak cuma menarik karena serunya pertarungan antar-tim. Bagi banyak orang, terutama para perempuan, sepak bola juga menjadi ajang untuk cuci mata.

Tubuh pemain bola seperti Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi yang menggoda membuat banyak orang berdecak kagum, bahkan terobsesi. Tak jarang, mereka yang menggemari sampai "googling" foto-foto pemain bola.

Di Amerika Serikat, contohnya, dalam 1 tahun terakhir, kata kunci "hottest soccer player" banyak digunakan dalam pencarian di internet. Selama Piala Dunia, pemakaian kata itu makin naik.

Apa yang sejatinya membuat banyak orang terobsesi pada pemain bola seperti Ronaldo dan Messi? Bagaimana menjelaskannya secara ilmiah?

Sejumlah ilmuwan, seperti dikutip situs Time pada 3 Juli 2014 menguraikan beberapa faktor yang mungkin memengaruhinya dan alasannya.

Ketahanan

Telah lama diketahui bahwa perempuan banyak tertarik pada kekuatan dan karakteristik seperti wajah maskulin. Namun, faktor lain yang tak kalah membuat perempuan tertarik ialah ketahanan.

"Studi terkini menunjukkan bahwa dalam proses evolusi kita ada seleksi kuat pada ketahanan," kata Erik Postma, Institut Biologi Evolusi dan Lingkungan, Universitas Zurich.

"Sebelum penemuan kapak, manusia berburu dengan menaklukkan hewan hingga kelelahan," imbuh Postma.

Dalam studi Postma, pemain bola terbukti memiliki ketahanan yang baik. Mereka mampu berlari rata-rata 11,2 kilometer dalam setiap pertandingannya, melebihi pemain basket dan football.

David Geier, pakar kedokteran olahraga, mengatakan bahwa pemain bola mungkin mencerminkan gambaran tubuh ideal yang banyak didambakan.

"Ketika Anda melihat patung Yunani dan Romawi Kuno yang menggambarkan sosok ideal seseorang, mereka mirip dengan pemain bola," ujarnya.

Tubuh berotot yang pas

Tak seperti pemain basket atau atlet lain, tubuh pemain bola berotot, tetapi tak terlalu besar. Tubuh mereka pas.

Geier mengungkapkan, lebih mudah bagi perempuan untuk membayangkan punya pacar yang senang lari pagi dan menjadi langsing daripada yang memiliki kaki besar dan lengan yang mekar dua kali lipat dari ukuran aslinya.

Menunjukkan emosi di lapangan

Satu hal menarik yang dijumpai dalam pertandingan sepak bola adalah adegan saat terjadi gol. Saat itu, pemain tak hanya berteriak, tetapi juga mengucapkan selamat kepada rekannya dan berpelukan.

Menurut sebuah riset, laki-laki yang mampu menunjukkan kebanggaan kepada dirinya dan rasa malu pada saat yang tepat cenderung lebih menarik bagi perempuan.

"Kalau mereka menunjukkan kebanggaannya setelah kesuksesan dan bahkan rasa malu saat kegagalan, mereka akan meningkatkan daya tariknya," kata Jessica Tracy, psikolog dari Universitas British Columbia.

Seragam dan aksi para pemain

Kaus pemain sepak bola saat ini cenderung lebih ketat dari masa lalu. Hal ini membuat tubuh ideal para pemain bola bisa terekspos.

Seragam yang pas didukung oleh aksi para pemain bola yang secara tak sengaja juga turut mempertontonkan keindahan tubuhnya, misalnya saat mengusap keringat hingga bagian perut sixpack terkuak. (rep05)