Politik

Prabowo Sumbang Palestina Rp 1 Miliar untuk Warga Palestina

JAKARTA - Calon presiden nomor urut 1, Prabowo Subianto menyumbangkan dana pribadi senilai Rp 1 miliar untuk membantu warga Palestina yang menderita akibat serangan militer Israel.

"Uang pribadi saya, saya komit sumbangkan Rp 1 miliar," katanya di hadapan massa yang berjumlan ribuan orang dalam aksi solidaritas untuk Palestina, di Bundaran Hotel Indonesia, Jakarta, Jumat (11/7).

Mantan komandan jenderal Kopassus itu menyatakan, warga dunia patut mengecam dan menuntut tindakan keji Israel terhadap Palestina. Selain itu, warga dunia, khususnya Indonesia, yang merupakan saudara seiman dari Palestina, juga harus membantu dengan tindakan nyata.

"Mereka saudara kita, maka jangan hanya ucapan mulut, harus dengan tindakan nyata. Kita harus kumpulkan dana, walaupun sedikit. Kalau perlu kita sumbangkan darah. Juga kalau perlu siapkan relawan medis, kemanusiaan, untuk bantu mereka yang diserang dalam tindakan di luar kemanusiaaan," ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Umum Partai Golkar Aburizal Bakrie juga akan menyumbangkan dana pribadi sebesar Rp 1 miliar. Rencananya, dana itu diberikan dalam bentuk uang agar mudah disalurkan. "Itu uang pribadi saya, masak dari Golkar, ya enggak ada uangnya," katanya.

 Saat Aburizal mengatakan akan ikut menyumbang Rp1 miliar, Prabowo yang berada satu panggung berkelakar bahwa sebenarnya bos media itu akan menyumbang lebih besar lagi. "Sebetulnya Pak Ical mau nyumbang Rp 5 miliar, tapi enggak enak sama saya," katanya sambil tertawa.

Ribuan orang menggelar aksi peduli kemanusiaan untuk rakyat Palestina di Bundaran Hotel Indonesia pada Jumat (11/7) siang. Aksi simpatik tersebut diprakarsai oleh Komite Nasional untuk Rakyat Palestina (KNRP) bersama sejumlah Organisasi Masyarakat (Ormas) Islam.

Hadir pula sejumlah tokoh nasional dari Koalisi Merah Putih yang mendukung capres-cawapres Prabowo Subianto-Hatta Rajasa, di antaranya Hidayat Nurwahid, Anis Matta, Akbar Tandjung, Taufik Ridho serta sejumlah ulama dan perwakilan Majelis Ulama Palestina. (rep05)