Riau Raya

Kelulusan US SD se-Riau Diumumkan, Rohul Tertinggi

PEKANBARU-Pengumuman kelulusan SD dilakukan secara serentak Sabtu (21/6/2014). Dari 120.708 siswa SD/MI se-Riau yang mengikuti Ujian Sekolah (US) atau dikenal juga sebelumnya dengan nama Ujian Nasional (UN) murni tahun ini, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) menjadi peraih nilai tertinggi di Provinsi Riau dengan total nilai 21,93.

Penetapan ini disampaikan Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Riau yang juga menjabat Ketua UN Riau, Abdul kadir, didampingi Kabid pra sekolah, SD dan SLB, Azwandi, saat penyerahan hasil US murni SD kepada Disdik kabupaten/kota se-Riau, baru-baru ini. Katanya, peringkat kedua dan ketiga diraih Pelalawan dengan nilai 21,66 dan Pekanbaru nilainya 21,47.

"Nilai tertinggi ini, gabungan dari nilai mata pelajaran yang diuji, yakni Matematika, Bahasa Indonesia dan IPA," ujar Kadir.

Adapun mekanisme kelulusan SD/MI ini, terang Kadir, berbeda dengan SMP/MTs dan SMA/SMK. Dimana komposisi kelulusan ditentukan oleh pihak sekolah berdasarkan gabungan nilai US murni sebesar 30 persen dengan nilai rata-rata rapor dari kelas IV-VI sebesar 70 persen.

"Dengan ketentuan itu, maka tak ada siswa SD yang tak lulus. Dalam artian, semuanya dianggap lulus 100 persen. Sedangkan yang membedakan hanya ada pada hasil nilai akhir (NA) dari siswa saja," papar kadir, dilansir halloriau.com.

Sementara untuk jenjang SDLB yang diikuti 15 sekolah se-Riau dengan hanya 58 siswa, kata Kadir, nilai tertinggi US murni untuk masing-masing pelajaran adalah, Matematika dengan nilai 8,25, Bahasa Indonesia 9,20 dan IPA 9, Sementara terentang, Matematika nilainya 2,25, Bahasa Indonesia 1,80 dan IPA 1,75.

Terkait pengumuman kelulusan, Kadir menyerahkan mekanismenya kepada kabupaten/kota. "Karena pengumuman ini hanya tingkat SD, jadi tak perlu pakai mengamanan dan waktu pengumumannya, apakah pagi, siang ataupun sore pada tanggal 21 Juni nanti, itu kita serahkan kepada masing-masing kabupaten/kota," ucapnya. (cr01/hrc)