Sport

The Black Stars Imbangi Jerman 2-2

FORTALEZA – Jerman nampaknya harus menunggu kepastian nasib mereka lolos dari grup G hingga partai melawan Amerika Serikat, setelah pada laga kedua, Ghana mampu menahan Der Panzer dengan bermain imbang 2-2, Minggu (22/6/2014), dini hari WIB. 
 
Jerman sempat mengalami kebuntuan dalam mencetak gol di babak pertama, setelah The Black Stars, julukan Ghana tampil aktraktif dan mengimbangi permainan cepat anak-anak asuhan Joachim Low. Bahkan Jerman yang berhasil membuka skor di babak kedua, sempat tertinggal lewat dua gol dari Ghana, sebelum akhirnya pemain veteran Miroslav Klose menyelamatkan muka Der Panzer.
 
Jalannya Pertandingan:
Pada laga ini, Jerman kembali menerapkan strategi tanpa striker murni. Sementara Ghana melakukan perubahan di bawah mistar gawang mereka. Di mana Fatawu Dauda akan menggantikan Adam Larsen. Sedangkan di lini depan, Cristian Atsu dan Andre Ayew masih menjadi andalan pelatih Ghana, James Kwasi Appiah. 
 
Joachim Low nampaknya sudah sangat nyaman dengan formasi yang diterapkannya saat menjungkalkan Portugal dengan skor 4-0, 16 Juni lalu. Di mana Low mengandalkan Thomas Muller sebagai target man. 
 
Namun Ghana yang kalah di pertandingan pertama saat menghadapi Amerka Serikat mendapatkan kesempatan pertamanya, melalui Asamoah Gyan usai mendapatkan umpan lambung dari tengah. Namun upayanya diganggu oleh Mertesacker di lini belakang. 
 
Manuel Neuer nampaknya lebih bekerja keras pada laga ini. Di mana kiper berusia 28 tahun itu beberapa kali melakukan tepisan dari peluang Cristian Atsu pada menit ke-25. Akan tetapi kiper Bayern Munich itu masih terlalu tangguh dalam menahan gempuran Ghana. 
 
Setelah setengah jam tak ada gol yang tercipta, Jerman terus ingin melepaskan tekanan dari Ghana. Salah satu upaya yang membahayakan gawang Duada adalah, tendangan dari Mario Gotze pada menit ke-30. Namun lagi-lagi masih bisa diblok oleh Dauda. 
 
Lima menit menjelang pertandingan babak pertama usai, Jerman mengurung pertahanan Ghana. Sayang gol tak kunjung datang, sehingga skor masih tetap imbang hingga babak pertama ini. 
 
Sempat tumpul di babak pertama akhirnya Mario Gotze memecah kebuntuan Der Panzer enam menit lepas peluit babak kedua dibunyikan. 
 
Berawal dari umpan crossing Thomas Muller disambut dengan dengkul Gotze yang mendapat kawalan dari dua bek Ghana. Bola pun tak mampu dihalau oleh penjaga gawang Ghana, Fatawu Dauda. Sehingga skor 1-0 untuk keunggulan Jerman. 
 
Sayang keunggulan Jerman tak berjalan lama, karena Andre Ayew membalasnya lima menit kemudian. Memanfaatkan umpan crossing dari Afful, striker Marseille itu melepaskan sundulan yang tak mampu dihadang oleh Manuel Neuer. Skor 1-1. 
 
Tak puas hanya mengimbangi Jerman, Ghana pun berbalik unggul melalui serangan balik yang cepat dilakukan oleh Ghana. Bola hasil rebutan dari Sulley Muntari berhasil diteruskan oleh Asamoah Gyan. 
 
Melakukan solo run dan melewati bek Jerman, Gyan tanpa ampun melakukan tendangan keras yang menggetarkan jala gawang Neuer, untuk membuat skor berubah menjadi 2-1, yang kali ini buat keunggulan Ghana pada menit ke-63. 
 
Tersengat gol dari Asamoah Gyan dan membuat Jerman tertinggal, pelatih Joachim Low melakukan beberapa perubahan. Di mana Sebastian Schweinsteiger dan Miroslav Klose masuk menggantikan Sami Khedira dan Mario Gotze. 
 
Perubahan ini tergolong sangat efektif, lantaran Klose membuat Jerman kembali menyamakan kedudukan pada menit ke-71, usai mendapatkan umpan dari Benedikt Howedes. Skor menjadi 2-2. Sedangkan gol Klose ini merupakan yang ke-15, dan menyamai rekor Ronaldo dari Brasil. 
 
Sepuluh menit jelang pertandingan usai, kedua tim terus melanjutkan tempo tinggi. Bahkan Jerman nyaris unggul melalui kans yang didapat oleh Thomas Muller. Sayang peluangnya pada menit ke-84 hanya menghasilkan sepak pojok setelah berhasil dibendung Dauda. 
 
Hingga peluit akhir dibunyikan, kedua tim harus puas bermain imbang 2-2. Dengan hasil ini maka Jerman harus menunda kepastian mereka lolos ke babak 16 besar. Sementara bagi Ghana, dengan membuat satu poin perdana, membuat mereka masih berpeuang lolos dari grup G. 
 
Keputusan Jerman memastikan diri lolos dari grup G, bisa ditentukan melawan Amerika Serikat asuhan Jurgen Klinsmman. Sedangkan Ghana harus menentukannya saat melawan Portugal. 
 
Susunan Pemain:
Jerman: 1. M. Neuer, 16. P. Lahm, 17. P. Mertesacker, 20. J. Boateng ( Mustafi 46’), 4. B. Howedes, 5. M. Hummels, 8. M. Ozil, 6. S. Khedira (Schweinsteiger 70’), 18. T. Kroos, 19. M. Gotze (Klose 69’), 13. T. Müller
 
Ghana: 16. F. Dauda, 23. H. Afful, 21. J. Boye, 19. J. Mensah, 11. S. Muntari, 9. K. Boateng (Ayew 52’), 20. K. Asamoah, 17. M. Rabiu (Badu 77’), 3. A. Gyan, 10. A. Ayew, 7. C. Atsu (Mubarak 72’) (rep05/ozc)