Riau Raya

Hotspot Bermunculan, Asap Riau Berpotensi ke Negara Tetangga

PEKANBARU-Berdasarkan pantauan satelit NOAA-19 milik Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pekanbaru mencatat sedikitnya terdapat 39 titik Panas (Hotspot). Sementara dari data terakhir satelit Terra dan Aqua, terdapat 116 titik panas. Ini dikhawatirkan, asap Riau akan terpapar ke sejumlah negara tetangga.

Satelit NOAA-19 menemukan adanya 39 titik panas di Riau pada Kamis sore, ini tersebar di sejumlah kawasan, antara lain Dumai 8 Hotspot, Bengkalis 4 Hotspot, Pelalawan 10 Hotspot, Inhil 3 Hotspot, Siak 3 Hotspot, dan Rohul 2 Hotspot.

Berbeda dengan satelit Terra dan Aqua, dalam data pantauan terakhir menemukan adanya 116 titik panas dibeberapa kawasan, yaitu Rohil dengan total 62 titik panas, kemudian Bengkalis 25 titik panas, Dumai 19 titik panas, Rohul 5 titik, Siak 2 titik, serta Kampar, Kuansing dan Inhil masing-masing sebanyak 1 titik panas. Sementara rincian untuk titik api (firespot) terbanyak terjadi Rohil dengan total 41 titik api, Bengkalis 17 titik, Dumai 14 titik dan Rohul 5 titik api.

Menurut kepala BMKG Pekanbaru Sugarin, Kamis sore menyebutkan, Pengaruh cuaca Riau yang memasuki musim kemarau kering, akan memicu potensi kebakaran yang tinggi. Sementara itu, dengan keadaan musim kemarau kering tersebut, maka angin akan berbalik arah dan bergerak dari barat daya menuju ke timur laut. Artinya, negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia berpotensi terpapar asap dari Riau, jika tidak segera diantisipasi.

"Dari awal sudah dikatakan jika kemarau maka angin akan berbalik arah, artinya akan menuju ke Singapura dan Malaysia. Kita sudah wanti-wanti sebelumnya, agar antisipasi penanggulangan karhutla dapat dituntaskan secepat mungkin," ungkapnya, sebagaimana dilansir halloriau.com.

Terkait ketetapan status Riau pada Siaga Darurat Asap, Sugarin beranggapan, bahwa untuk menetapkan status harus melewati Protap dan kriteria tertentu. "Ada tahapan penilaian, misalnya jika tempertaur sudah diatas 36 celcius, atau Visibility sudah dibawah 1.000 meter, yang disertai tingkat potensi kebakaran tinggi, serta angka ISPU. Semua indikatornya dilihat dan dikaji, barulah bisa ditetapkan," pungkasnya.

Untuk prakiraan cuaca Riau, BMKG memprediksi Riau akan cerah hingga berawan. Hujan dengan intensitas ringan dan bersifat lokal akan terjadi di Riau bagian Utara, Timur, Selatan, Barat dan tengah pada sore dan malam atau dini hari. (cr01/hrc)