Sosialita

Ternyata Punya Hewan Peliharaan Cegah Sakit Jantung

Ingin panjang umur dan terhindar dari penyakit jantung? Anda mungkin bisa mempertimbangkan untuk memelihara hewan mulai dari sekarang. Kenapa?

Pasalnya, American Heart Association (AHA) mengeluarkan pernyataan ilmiah pada hari Kamis lalu (9/5), yang menyatakan bahwa memelihara hewan dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung, obesitas, tekanan darah tinggi dan kolesterol.

"Kepemilikan hewan, khususnya pemilik anjing, terkait dengan penurunan risiko penyakit jantung," kata Glenn N. Levine, seorang profesor di Baylor College of Medicine di Houston, dalam sebuah pernyataan yang dilansir Reuters (9/5).

Sebuah studi yang dilakukan terhadap lebih dari 5.200 orang dewasa, yang dilansir oleh AHA, menunjukkan bahwa pemilik anjing lebih aktif secara fisik dibanding mereka yang tidak memelihara anjing. Hal itu dikarenakan pemilik anjing gemar berjalan kaki bersama hewan peliharaan mereka.

Penelitian lain juga menunjukkan hewan peliharaan memiliki efek menenangkan, yang bisa digunakan dalam program terapi.

Levine, ketua komite yang menulis pernyataan yang dipublikasikan secara online dalam jurnal Circulation, itu menambahkan bahwa manfaat yang jelas dari memelihara hewan adalah berkurangnya risiko penyakit jantung.

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa kesetiaan dan cinta hewan kepada majikannya dapat mengurangi stres, kecemasan, depresi dan kesepian pada manusia. (rep02)