Kelulusan UN SMP

38 Pelajar SMP RiauTidak Lulus, Nasionalnya Riau Raih 10 Besar

PEKANBARU - Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Riau sudah menerima hasil Ujian Nasional (UN) SMP/Mts dan Paket B, Rabu (11/06/14) siang lalu, di Jakarta. Dihadiri oleh seluruh Ketua UN se-Indonesia, berdasarkan hasil yang diterima tersebut, Riau berhasil meraih hasil memuaskan dan berada di ranking 10 besar Nasional, meski ada 38 siswa yang tidak lulus. 
 
Seperti Dilansir Riauterkini.com, Kadisdik Riau Dwi Agus Sumarno mengatakan tingkat kelulusan tahun ini mengalami peningkatan yang sangat signifikan dibandingkan tahun lalu yakni mencapai 99,958 persen. Sedangkan di tahun sebelumnya, kelulusan UN SMP se Riau hanya berada diangka 99,47 persen. 
 
"Hasil UN SMP tahun ini sangat memuaskan. Riau masuk 10 besar secara Nasional dengan hasil kelulusan yang hampir sempurna, mencapai 99,958 persen. Artinya hanya 0,042 persen siswa yang tidak lulus," ujarnya. 
 
Dwi juga menuturkan berdasarkan Daftar Nominasi Tetap (DNT), total siswa SMP sederajat di Riau yang mengikuti UN lalu berjumlah 91.281 siswa. Dari angka tersebut tercatat sebanyak 38 siswa yang gagal, dengan rincian 31 siswa SMP dan 7 orang siswa MTs. Sementara untuk hasil kejar Paket B, jumlah peserta ujian se Riau sebanyak 1.991 orang dengan total siswa yang tidak lulus mencapai 56 orang. Jika dipersentase kan, tingkat kelulusan Paket B berada di angka 97,3 persen. 
 
"Untuk pengumuman kelulusan kami serahkan sepenuhnya ke kabupaten/kota masing-masing. Nantinya, kabupaten/kota inilah yang menentukan kapan dan seperti apa mekanisme pengumumannya, bisa pagi, siang, sore atau malam. Kami juga sudah koordinasi dengan Polda Riau dan meminta agar Polres beserta Polsek jajaran di setiap daerah bisa membantu melakukan pengamanan saat pengumuman kelulusan nanti," ungkapnya.(rep05)
 
Berikut Data Kelulusan UN SMP Sederajat se Riau
 
Rohul : 1 siswa SMP tak lulus, MTs nihil
Pekanbaru : 3 siswa SMP tak lulus, 3 siswa MTs
Dumai : 4 siswa SMP tak lulus, MTs nihil
Kampar : 4 siswa SMP tak lulus, MTs nihil
Inhu : 6 siswa SMP tak lulus, Mts nihil
Kuansing : 0 (lulus semua)
Inhil : 0 (lulus semua)
Bengkalis : 1 siswa SMP tak lulus, MTs nihil
Rohil : 2 siswa SMP tak lulus, 1 siswa MTs
Meranti : 6 siswa SMP tak lulus, 3 siswa MTs
Pelalawan : 1 siswa SMP tak lulus, MTs nihil
Siak : 3 siswa SMP tak lulus, MTs nihil