Piala Dunia Brasil 2014

Titik Terlemah Skuad Belanda di Pertahanan

Amsterdam-Tim Nasional Belanda di Piala Dunia tahun ini, banyak mengandalkan muka-muka baru, baik di barisan belakang maupun lini tengah. Khusus di belakang, banyak yang meragukan kapasitas Ron Vlaar dkk dalam menahan gempuran lawan.
 
Ya, jika dahulu The Flying Ducthman, julukan Belanda memiliki nama-nama beken dan terkenal tangguh seperti Joris Mathijsen, Andre Ooijer, Khalid Boulahrouz, John Heitinga, Jaap Stam, dan Ronald Koeman. 
 
Kini pelatih Belanda, Louis van Gaal, mengandalkan muka-muka anyar seperti Stefan de Vrij, Bruno Martins Indi, Paul Verhaegh, Joel Veltman, Terence Kongolo dan hanya menyisakan Vlaar sebagai pemain yang memegang caps terbanyak di sektor belakang, dengan 24 caps.
 
Vlaar pun mengakui bahwa lini bertahan Belanda merupakan kelemahan tim. Namun pemain Aston Villa ini juga berkaca pada penampilan di kualifikasi dan laga persahabatan, saat timnya tak banyak kebobolan.
 
“Kami tahu itu (pertahanan lemah). Kami bekerja keras untuk membuat tim agar lebih baik dan kami juga tahu, kami memiliki pemain-pemain terbaik di depan. Namun jika Anda melihat semua pertandingan yang dimainkan selama kualifikasi dan persahabatan, kami tidak kebobolan banyak gol,” terang Vlaar, seperti diberitakan Goal, Jumat (6/6/2014).
 
“Maka karena itu, kami harus percaya kepada barisan depan kami untuk berakselerasi dan membuat perbedaan untuk kami. Anda memainkan setiap pertandingan untuk menang. Anda harus menjadi realistis, namun saya benar-benar percaya kami dapat meraih sesuatu,” sambungnya. (rep05)