Sosialita

Awas Penyakit Ini ketika Sering Pusing saat Hamil

Jakarta-Sakit kepala yang dialami oleh para ibu hamil memang wajar terjadi. Sebab perubahan hormonal mampu membuat Anda mengalami sakit kepala atau migrain. Namun apabila Anda keseringan pusing saat hamil sebaiknya segera periksakan kondisi tersebut pada dokter.
 
Sebuah penelitian seperti dilansir dari dailymail.co.uk mengungkapkan bahwa sebaiknya para ibu hamil harus waspada dengan sakit kepala yang terjadi terutama apabila terjadi selama berkali-kali. Karena menurut sebuah penelitian yang dilakukan di rumah sakit ibu dan anak di Southampton, gangguan tersebut mampu menjadi masalah kesehatan yang serius.
 
"Walaupun ibu hamil wajar mengalami sakit kepala, namun ada beberapa jenis sakit kepala yang dapat menjadi lebih berbahaya dan merupakan indikasi bahwa terjadi sesuatu yang serius di dalam tubuh si ibu hamil. Salah satunya adalah penyakit cerebral trombosis vena," kata Dr Paul Morrish, salah seorang peneliti.
 
"Penyakit ini merupakan penyakit yang terjadi karena ada gumpalan darah di otak. Gumpalan ini mampu menyebabkan tekanan di tengkorak yang akhirnya dapat menyebabkan sakit kepala. Penyakit ini umumnya terjadi pada wanita obesitas yang sedang hamil."
 
Selain gangguan cerebral trombosis vena, wanita hamil juga sering mengalami migrain yang terjadi karena tekanan darah tinggi dan hilangnya protein di dalam urin. Migrain ini mampu mengakibatkan komplikasi selama kehamilan dan saat kelahiran.
 
"Para ibu hamil sebaiknya waspada dengan penyakit atau gangguan kesehatan yang mereka rasakan. Bahkan sebaiknya mereka melakukan pemeriksaan lebih dini guna mencegah komplikasi kehamilan lainnya yang tidak diinginkan," tutup Dr. Morrish. (rep05)