Politik

Prabowo Mainkan Isu Jokowi Gila Jabatan

Jakarta - Hasil sigi Lingkaran Survei Indonesia menunjukkan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Prabowo Subianto-Hatta Rajasa mengungguli Joko Widodo-Jusuf Kalla di DKI Jakarta. 
 
Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Gerindra Mohammad Taufik menilai, unggulnya Prabowo-Hatta karena Jokowi meninggalkan Jakarta sebelum masa jabatannya berakhir. Jokowi mencalonkan diri sebagai presiden saat dirinya baru satu setengah tahun menjadi guberur, padahal masa kepemimpinannya lima tahun.
 
"Banyak masyarakat menilai Jokowi gila jabatan," kata Taufik kepada Tempo, Jumat, 5 Juni 2014. Menurut Taufik, isu belum tuntasnya memimpin Jakarta selama lima tahun ini menguntungkan Gerindra.
 
Meski begitu, kata dia, Gerindra tidak perlu menjadikan isu ini sebagai materi resmi kampanye. Alasannya, persepsi buruk ini sudah melekat di publik Jakarta.
 
Dia menilai masyarakat Jakarta lebih cerdas. "Tanpa harus berkoar-koar Jokowi berkhianat masyarakat sudah tahu, kami tinggal mengarahkan," ujar Taufik.
 
Menurut dia, kerja Jokowi selama satu setengah tahun ini hanya mengumpulkan masalah. Dia melihat calon presiden dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan ini belum sampai kepada penyelesaian masalah.
 
"Selama ini, kan baru keluar masuk kampung, lihat-lihat masalah, belum ada solusi sudah nyapres," katanya. Dia optimistis Prabowo-Hatta akan unggul di Jakarta dalam pemilihan presiden nanti. 
 
Selain di Jakarta, sigi LSI menyebut Prabowo-Hatta unggul di Banten. Sedangkan Jokowi-Kalla menang di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, dan Sulawesi Utara. (rep01/tpc)