Gunung Sangiang Meletus

Abu Vulkanik Kian Tebal, 5 Penerbangan di Bali Dibatalkan

DENPASAR - Dampak yang ditimbulkan dari abu vulanik yang dimuntahkan Gunung Sangiang di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB), beberapa penerbangan dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Bali terpaksa dibatalkan dan dialihkan rutenya. 
 
Pihak otoritas bandara mendapat permohonan penundaan penerbangan dari Bali ke sejumlah kota tujuan.
 
Menurut  Communication Officer Angkasa Pura I Ngurah Rai,Sherly Yunita, penundaan atau cancel penerbangan yang diajukan beberapa maskapai, tak lain demi keselamatan penerbangan. "Ada lima penerbagan yang dicancel atau tunda keberangkatannya dan satu penerbangan dialihkan," jelas Sherly lewat pesan tertulisnya, Sabtu (31/5/2014).
 
Adapun penerbangan yang dibatalkan yakni, Jetstar tujuan Darwin-Denpasar, Garuda Indonesia jurusan Denpasar-Labuan Bajo, Garuda Indonesia rute Denpasar-Bima. "Pembatalan Garuda rute Denpasar Kupang sebanyak dua penerbangan," imbuhnya.
 
Selain pembatalan dalam dan luar negeri, pihak maskapai Virgin Australia juga terpaksa mengalihkan penerbangan rute Brisbane-Denpasar ke Denpasar-Adelaide.
 
Sebelumnya Gunung Sangeangapi di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat meletus 30 Mei 2014, sekira pukul 15.55 Wita. Gunung Sangeangapi adalah salah satu gunung yang cukup sering meletus seperti pada tahun 1911, 1953, 1964-1967, 1985-1987, dan 1997-1999. (rep05/ozc))