Triwulan II 2014

Ekonomi Riau Melaju Hingga 4,71 Persen

PEKANBARU - Melajunya ekonomi Riau berlanjut pada triwulan II-2014 pada kisaran 3,71%-4,71% (yoy). Konsumsi rumah tangga akan menjadi motor penggerak pertumbuhan dipengaruhi oleh trend penurunan tekanan inflasi pada tahun 2014 dan peningkatan pendapatan sehingga mendorong daya beli masyarakat. 
 
Selain itu, tambah Mahdi Muhammad, persiapan kegiatan pemilu presiden yang akan diadakan pada awal triwulan III-2014 nanti diperkirakan juga akan memberikan dorongan yang berarti.
 
Konsumsi rumah tangga yang meningkat akan direspons oleh meningkatnya aktifitas sektor perdagangan. Meskipun demikian, tambahnya, pertumbuhan ekonomi Riau dapat menyentuh batas bawah proyeksi (downside risks) terkait dengan kondisi sumur minyak yang tidak produktif. 
 
"Laju inflasi Kota Pekanbaru pada triwulan mendatang diperkirakan berada pada kisaran 6,6% - 7,0% (yoy). Sedangkan secara triwulanan, inflasi diperkirakan berkisar 0,6% - 1,0% (qtq)," terangnya. 
 
Terjadinya inflasi Kota Pekanbaru pada kisaran tersebut menurutnya dipengaruhi oleh penguatan nilai tukar Rupiah sejak awal 2014 sehingga berpotensi mendongkrak laju inflasi barang impor. Selain itu, persiapan kegiatan pemilu diperkirakan akan memicu inflasi pada beberapa komoditas seperti tarif angkutan dan makanan.(rep05/rtc)