Riau Raya

Menunggu, Blangko Akta Kelahiran Dalam Tahap Lelang

PEKANBARU - Masyarakat Pekanbaru masih harus bersabar untuk bisa mendapatkan akta kelahiran anak dari Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pekanbaru. Pasalnya, stok blangko akta kelahiran masih belum tersedia dan pengadaannya masih tahap lelang.
 
Kepala Disdukcapil Kota Pekanbaru Baharuddin menjanjikan awal pekan pertama Juni ini, persediaan blangko segera dipenuhi. Hingga saat ini, sedikitnya 2.000-an pemohon akta kelahiran sudah masuk ke Disdukcapil.
 
“Alhamdulillah, informasinya sudah tahapan lelang (blangko akta kelahiran, red) melalui LPSE. Mudah-mudahan awal Juni sudah selesai blangko akta kelahiran,” ungkap Baharuddin.
 
Keterlambatan tahapan lelang menjadi dasar utama kosongnya blangko akta kelahiran tersebut. Hal itu juga disebabkan keterlambatan pengesahan APBD tahun 2014.
 
“Baru kali ini juga pakai sistem lelang LPSE karena kuota blangko yang akan dicetak sangat banyak mencapai ratusan ribu. Sebelumnya cetak blangko pakai PL (penunjukan langsung, red) saja karena dianggarkan tidak sampai melebihi Rp100 juta,” kata Baharuddin. 
 
Mantan Kepala Kesbangpolinmas Kota Pekanbaru ini menilai permohonan pembuatan akta kelahiran yang naik signifikan menjadi penyebab lainya kehabisan stok blangko. Apalagi dengan diberikan kemudahan dalam pengurusannya saat ini.
 
“Dulu lewat setahun kelahiran harus sidang di pengadilan dan sekarang tidak pakai sidang lagi. Dan dulu penerbitan akta kelahiran berdasarkan azas peristiwa kelahiran dan sekarang dimana domisili sesuai KTP bisa,” terangnya.
 
Baharuddin menambahkan, tingginya permohonan akta kelahiran tersebut menjadi perhatian serius instansinya. Terutama dalam peningkatan pelayanannya. Bahkan diimbau peningkatan pelayanan sampai di tingkas dasar yakni UPTD Disdukcapil yang berada di setiap kantor kecamatan.
 
“Tentunya kami tingkatkan dengan pelayanan yang baik, sehingga masyarakat semakin merasa diberikan kemudahannya,” tutup Baharuddin.(rep05/rpc)