Politik

Tiga Taipan dengan Harta 23 Triliun Sokong Prabowo

Jakarta - Pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Hatta Rajasa didukung oleh tiga miliarder Indonesia, yakni Hary Tanoesoedibjo, Hashim Djojohadikusumo, dan Sandiaga Uno. Ketiganya masuk dalam daftar 50 miliarder teratas dunia versi majalah Forbes yang dirilis November 2013.

Hashim Djojohadikusumo dikenal sebagai pemasok dana utama Prabowo dan Partai Gerakan Indonesia Raya. Memiliki kekayaan senilai US$ 700 juta, adik kandung Prabowo ini duduk sebagai Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra.

Ayah anggota Dewan Pewakilan Rakyat terpilih, Aryo Djojohadikusumo, ini adalah seorang wiraswasta dan pemilik perusahaan Arsari Group yang bergerak dalam bidang pertambangan, program bioetanol, perkebunan karet, dan lainnya. Dalam Tim Kampanye Nasional Prabowo-Hatta, Hashim menjadi anggota Dewan Penasihat.

Adapun Hary Tanoesoedibjo dikenal sebagai bos media di Indonesia lewat MNC Group miliknya. Ia bergabung dengan tim sukses Prabowo-Hatta setelah menyatakan diri keluar dari Partai Hati Nurani Rakyat pimpinan Wiranto. Dengan kekayaan US$ 1,2 miliar, Hary menjadi orang terkaya ke-17 di Indonesia. Dalam Tim Kampanye Nasional Prabowo-Hatta, Hary duduk sebagai anggota Dewan Pakar.

Sedangkan pemilik kekayaan sebesar US$ 460 juta, Sandiaga Uno, menjadi salah satu juru bicara dalam tim Prabowo-Hatta. Pengusaha muda ini sebelumnya pernah diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi dalam kasus dugaan pencucian uang pembelian saham Garuda yang melibatkan bekas bendahara Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin. (rep01/tpc)