Riau Raya

50 PNS Berniat Ikut Lelang Lurah Pekanbaru

PEKANBARU-Sebanyak 50 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru sudah mengambil formulir pendaftaran calon lurah di Badan Kepegawaian Daerah (BKD). Tampaknya mereka berniat mengkuti lelang jabatan lurah yang digelar Pemko Pekanbaru.

"Dari 50 PNS yang mengambil formulir, baru beberapa orang yang mengembalikan sebagai syarat seleksi lurah," ungkap Kepala BKD Pekanbaru, Azharisman Rozie, Jumat (22/5/2014). Pendaftaran ini dibuka sejak, Selasa (20/5/2014) hingga dua minggu ke depan.  

Sesuai jadwal yang ditetapkan, minggu kedua Juni mendatang, calon lurah yang lulus seleksi akan dilantik Walikota Pekanbaru, Firdaus MT. "Seleksi dilakukan Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat), dan hasilnya disampaikan ke walikota," terangnya.

Seleksi jabatan lurah sesuai Undang-undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Peraturan Pemerintah Nomor 100 Tahun 2000 tentang pengangkatan Pegawai Negeri Sipil sebagai pejabat struktural.

Diterangkan Azharisman, seleksi lurah juga memberikan kesempatan kepada PNS yang benar-benar memiliki kemampuan untuk meningkatkan karirnya. "Seleksi ini tidak akan menghambat karir, karena mengakomodir PNS untuk meningkatkan karir sesuai kualitas," imbuhnya. (cr01/hrc)