Politik

Inilah Jenis Pemeriksaan Kesehatan Capres-Cawapres

JAKARTA - Proses pemeriksaan kesehatan bagi pasangan calon presiden dan wakil presiden cukup panjang. Diperkirakan menghabiskan waktu selama 7-8 jam. Pemeriksaan meliputi aspek kesehatan fisik (jasmani) dan rohani (mental). 
 
Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Zaenal Abidin mengatakan, prosedur dan jenis pemeriksaan sudah terstruktur dalam buku panduan kedokteran. Pemeriksaan kejiwaan meliputi psikiatrik. Sedangkan untuk pemeriksaan jasmani terbagi dalam beberapa jenis.
 
"Pemeriksaan jasmani meliputi Beberapa poin yakni pemeriksaan penyakit dalam, pemeriksaan jantung dan pembuluh darah, pemeriksaan paru, bedah, urologi, ortopedi, pemeriksaan neurologi, THT, dan terakhir gigi dan mulut," ucapnya di Gedung RSPAD Gatot Soebroto, Jalan Abdul Rahman Saleh, Jakarta, Kamis (22/5/2014).
 
Kemudian ada lagi pemeriksaan penunjang yang dibagi menjadi tiga jenis yaitu pemeriksaan penunjang wajib, pemeriksaan penunjang atas indikasi dan pemeriksaan tumor atas indikasi.
 
"Penunjang wajib yakni USG upper abdomain, letrokardiografi, treadmil dan seterusnya. Kemudian ada pemeriksaan penunjang atas indikasi. Kalau ada indikasi Kemudian pemeriksaan laboratorium, misalnya pemeriksaan darah dan urine, pal hati, pal ginjal, dan lain-lain. Terakhir pemeriksaan tumor atas indikasi," tutupnya. (rep01/ozc)