Politik

Jika Tak Lolos Tes, Capres-Cawapres Harus Diganti

Capres dari PDIP, Joko Widodo (tengah) bersama pasangannya cawapres Jusuf Kalla (kanan) bersiap menjalani pemeriksaan kesehatan di RSPAD Gatot Soebrot
JAKARTA - Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Hadar Nafis Gumay mengatakan calon presiden dan calon wakil presiden yang tidak lolos tes kesehatan harus diganti oleh partai pengusungnya.
 
"Kalau tidak lolos tes pemeriksaan ya harus diganti calonnya," kata Hadar Nafis Gumay di sela-sela proses tes kesehatan pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla, di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta, Rabu (22/5). Hadar menyampaikan jika ada calon yang tidak lolos tes kesehatan maka calon penggantinya harus disiapkan dalam waktu tiga hari.
 
Nantinya calon pengganti tersebut harus memenuhi dokumen persyaratan dan tetap akan menjalani tes kesehatan juga. Hari ini pasangan Joko Widodo dan Jusuf Kalla menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta sebagai bagian persyaratan keduanya yang akan maju dalam Pilpres 2014.
 
Tes kesehatan juga akan diterapkan kepada pasangan capres-cawapres lainnya yakni Prabowo Subianto-Hatta Rajasa besok. (rep01/rpc)