Sosialita

Lima Alasan Anak Perempuan Perlu Aktif Berolahraga

Olah raga kerap dipandang sebagai aktivitas anak laki-laki. Karena itu orang tua tak terlalu pusing ketika anak perempuannya tidak memiliki keinginan aktif dalam sejumlah atau satu jenis olah raga. 
 
Olah raga memang bertujuan untuk mengaktifkan tubuh. Sekaligus juga mengajak anak bersenang-senang dengan kegiatan yang tidak pasif tersebut. 
 
Seperti dikutip dari laman Kidshealth, sebenarnya ada lima alasan kenapa anak perempuan butuh berolahraga. Menurut Women's Sports Foundation di Amerika, anak-anak perempuan yang berolahraga akan mendapat sejumlah manfaat lebih selain tubuh yang lebih fit. 
 
Berikut, lima alasan tersebut. Dimulai dari anak perempuan yang berolahraga akan lebih berprestasi di sekolah. Orang tua mungkin mengira aktif di bidang atletik akan menyedot waktu belajar. 
 
Tapi, riset menunjukkan anak perempuan yang berolahraga akan tampil lebih baik di sekolah ketimbang yang tidak. Sebab, olah raga meningkatkan kemampuan belajar, memori, dan konsentrasi. Semua faktor yang memberi kesempatan untuk mendapat nilai lebih baik di dalam kelas. 
 
Manfaat kedua adalah anak perempuan yang berolahraga akan belajar kerja tim dan keahlian mencapai tujuan. Olah raga mengajarkan banyak keahlian hidup yang berharga. 
 
Ketika bekerja sama dengan pelatih dan rekan satu tim untuk memenangkan pertandingan dan mencapai tujuan, anak belajar pula bagaimana cara mencapai kesuksesan. Keahlian-keahlian ini akan sangat berguna nantinya di pekerjaan dan kehidupan berkeluarga. 
 
Berolahraga kemudian berkaitan dengan kesehatan. Sebagai tambahan memiliki tubuh dan bugar dan berat badan yang ideal, anak perempuan yang berolahraga juga cenderung tidak merokok. Sehingga, di masa depannya ia akan berkurang risikonya terhadap kanker payudara dan osteorporosis.
 
Berolahraga juga meningkatkan rasa kepercayaan diri anak. Anak perempuan pun otomatis merasa lebih baik tentang dirinya. 
 
Kenapa? Sebab, olah raga membuat anak tahu ia bisa berlatih, meningkatkan kemampuan diri, dan akhirnya mencapai golnya. Olah raga juga merupakan aktivitas yang membuat seseorang merasa baik dengan dirinya karena olah raga membantu tubuh anak perempuan tetap ramping, memiliki berat badan yang ideal, dan menciptakan teman baru. 
 
Alasan terakhir, olah raga menghilangkan tekanan hidup. Bermain olah raga bisa mengurangi stres dan menyebabkan rasa senang. Kimia dalam otak pasalnya dilepaskan selama olah raga untuk menaikkan mood. Teman juga penaik mood lainnya. Berada dalam sebuah tim olah raga lalu meningkatkan jalinan antarteman. Dan, selalu menyenangkan tahu rekan satu tim akan selalu menyokong satu sama lain, di dalam lapangan dan di luar. (rep01/tpc)