Politik

Puan Sebut Dirinya Calon Wakil Presiden

JAKARTA - Ketua Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Puan Maharani menyebut dirinya merupakan salah satu kandidat calon wakil presiden pendamping calon presiden PDIP Joko Widodo. Puan mengatakan calon wapres PDIP akan diumumkan sebelum penutupan pendaftaran calon presiden dan wakil presiden di Komisi Pemilihan Umum.
 
"Kalau di internal bisa saja hari ini saya menjadi kandidat," kata Puan di rumah Megawati, Jalan Teuku Umar, Jakarta, Kamis, 15 Mei 2014. Namun Puan menambahkan, keputusan siapa yang akan dipilih menjadi calon wakil presiden berada di tangan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri. "Apakah calon internal atau eksternal," kata dia.
 
Dia jelaskan,  PDIP sudah memilih Jokowi sebagai calon presiden. Untuk pendamping Jokowi, Puan mengatakan partainya masih memiliki waktu hinggal tanggal 20 Mei untuk menentukannya.
 
Dia tegaskan bahwa PDIP tidak akan terlambat mendaftarkan calon yang diusung.
 
Menurut putri Megawati itu, dalam waktu dekat akan ada pembicaraan mengenai calon wakil presiden dengan partai pendukung. Nama yang muncul ke publik seperti Jusuf Kalla dan Abraham Samad akan dipertimbangkan oleh Megawati. Selain itu, Puan yakin dalam waktu dekat akan ada partai yang bergabung dengan partainya mengusung pasangan calon presiden dan wakil presiden. (rep01)