Sport

Ini Dia 7 Pemilik Klub Terkaya di Premier League

London-Tak bisa dipungkiri binis sepakbola kini sudah menjadi 'mainan' bagi orang-orang kaya dunia. Sebagai salah satu kompetisi paling bergengsi, sudah pasti Premier League menjadi tujuan utama bagi para konglomerat tersebut. Dan berikut adalah daftar tujuh pemilik klub terkaya di sana.
 
7. Ellis Short - Sunderland
Total kekayaannya diperkirakan mencapai USD4 miliar. Ellis mengambilalih Sunderland pada 2008 silam. Pria 53 tahun tersebut dikenal sebagai pengusaha real estate dan perhotelan di kawasan Eropa.
 
6. Malcolm Glazer - Manchester United
Glazer memborong 100 persen saham Manchester United pada 2005 silam. Sebelumnya, pada 1995, dia juga membeli salah satu tim NFL, Tampa Bay Buccaneers dan mengantarkan meraih gelar juara untuk kali pertama pada 2005 silam.
 
Kekayaan Glazer diperkirakan mencapai USD4,5 miliar yang diperolehnya dari bidang usaha pusat perbelanjaan di negara asalnya, Amerika Serikat. Pria berdarah Lithuania itu juga diketahui memiliki saham di Tonka dan Harley Davidson.
 
5. Joe Lewis - Tottenham Hotspur
Nilai kekayaannya diduga mencapai USD4,9 miliar. Lewis merupakan pemilik Tavinstock, perusahaan yang bergerak dalam bidang perminyakan, bijih besi real estate, mengambilalih kepemilikan Tottenham pada 2012 silam.
 
4. Stan Kroenke - Arsenal
Yang satu ini adalah pengusaha real estate terkemuka di negeri paman Sam. Kroenke juga menjadi pemilik utama sejulah tim olahraga di Amerika Serikat, yakni Denver Nuggets (NBA), Colorado Avalanche (NHL), Colorado Rapids (MLS), St. Louis Rams (NFL), dan Colorado Mammoths (NLL).
 
Pada 2007 Kroenke membeli 67 persen saham Arsenal. Kekayaannya diperkirakan mencapai USD5,5 miliar.
 
3. Roman Abramovich - Chelsea
Namanya masuk dalam daftar lima orang terkaya di Rusia. Abramovich merupakan pengusaha minyak dan besi dengan merk dagang Millhouse LLC. Dia membeli 90 persen saham Chelsea pada 2003 melalui perusahaan Fordstam Limited. Total kekayaannya diperkirakan mencapai USD13,8 miliar.
 
2. Alisher Usmanov - Arsenal
Satu lagi pemilik Arsenal yang masuk dalam daftar. Usmanov adalah pengusaha asal Rusia yang bergerak dibidang telekomunikasi dan percetakan. Dia juga diketahui memiliki saham di Apple serta Facebook.
 
Usmanov memegang 29 persen saham Arsenal. Nilai kekayaannya diperkirakan mencapai USD18,6 miliar.
 
1. Mansour bin Zayed Al Nahyan - Manchester City
Lebih dikenal dengan nama Sheikh Mansour. Dia adalah deputi perdana menteri UEA sekaligus saudara tiri presiden Khalifa bin Zayed Al-Nahyan. Dia juga pengusaha sukses dibidang perminyakan.
 
Sheikh Mansour diperkirakan memiliki total kekayaan USD31,5 miliar. Dia membeli saham ManCity pada 2008 silam.(rep05)