Politik

Demokrat Siap Bermanuver Jelang Pilpres

Jakarta-Wasekjen Partai Demokrat, Andi Nurpati mengatakan paska penetapan hasil rekapitulasi nasional oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), partainya langsung melakukan manuver untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) pada 9 Juli mendatang.
 
Sejauh ini, Partai Demokrat memang terbilang tidak terlalu gencar dalam melakukan komunikasi politik. Tetapi, untuk langkah awal, ujar Andi, akan menuntaskan terlebih dulu konvensi calon presiden (capres).
 
"Dalam minggu ini akan ada keputusan tentang konvensi. Setelah itu majelis tinggi partai akan melakukan rapat dan menentukan sikap," katanya di Gedung KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (9/5/2014) malam.
 
Andi menuturkan, pendaftaran capres yang dilakukan sekira 18-20 Mei, tentunya Partai Demokrat harus menentukan sikap yang jelas dalam Pilpres.
 
"Akankah maju sendiri dengan koalisinya tentunya dengan mengajukan capres dan cawapres, ataukah bergabung dengan koalisi yang sudah ada," tukasnya.
 
Mengingat jalinan komunikasi dengan parpol lain juga sudan dilakukan, dimana berbagai pihak baik itu pimpinan parpol maupun tokoh agama sudah lebih awal membangun komunikasi dengan Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).
 
"Mereka memberikan masukan masukan ke SBY untuk memberikan rekomendasi konfigurasi yang layak untuk maju sebagai capres-cawapres," tandasnya.
 
Kendati demikian, Andi Nurpati menegaskan bahwa keputusan akhir tetap akan ditentukan dalam Rapimnas. (rep05)