Riau Raya

Remaja dan 4 Bayi di Rohul Keracunan Sate

PASIRPANGARAIAN- Lima warga Rokan Koto Ruang, Kecamatan Rokan V Koto, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) dilaporkan menjadi korban keracunan sate ayam yang dijual seorang pedagang keliling. Empat dari 5 korban masih bayi bawah lima tahun alias balita.

Tidak ada korban jiwa pada peristiwa itu, namun dua korban masih dirawat di rumah sakit di Ujungbatu. Keracunan massal terjadi Kampung Tinggi Desa Rokan Koto Ruang pada Rabu (7/5/14) malam kemarin. Usai menyantap sate ayam, kelima korban mengalami mual dan muntah-muntah.

Dilansir riauterkini.com, malam itu juga, kelima korban dirujuk ke Puskesmas Rokan IV Koto, namun karena pihak Puskesmas tidak bisa menanganinya, lima korban dirujuk Klinik Azzara Ujungbatu untuk mendapatkan penanganan medis.

Kelima korban yang menjadi korban dan dirawat di Klinik Azzara Ujungbatu yakni Anisa Ulfa Kodriyah (17), Risa (2 tahun), Muhammad Fatir (19 bulan), Fiza (2 tahun) dan Ifa (15 bulan).

Kapolres Rokan Hulu AKBP H. Onny Trimurti Nugroho melalui Kabag Ops Polres Kompol Suwarno mengatakan para korban menyantap sate ayam sekitar pukul 16.00 WIB. Sekitar 4,5 jam seusai menyantap sate, lima korban merasa mual-mual, pusing dan muntah-muntah.

Empat balita yang menjadi korban sempat menangis. Sekitar pukul 20.30 WIB, ke empat balita dibawa orang tuanya ke Puskesmas Rokan IV Koto. Namun karena pihak Puskesmas tidak sanggup menanganinya, keluarga korban membawa balitanya ke Klinik Azzara Ujungbatu.

Dari peristiwa itu, polisi telah menyita barang bukti (BB) berupa sisa sate ayam dan muntahan korban. "Penyebab keracunan sampai saat ini masih dalam penyelidikan," kata Kabag Ops Polres Rohul Kompol Suwarno.

Kapolsek Rokan IV Koto AKP Artisal menambahkan. Pihaknya telah memeriksa beberapa saksi seperti keterangan korban dan penjual sate ayam berinisial Nl.

Diakui AKP Artisal, 3 dari 5 korban keracunan sate ayam sudah pulih dan masih dirawat jalan terdiri Fiza, Ifa dan Muhammad Fatir. Sedangkan 2 korban lain yakni Anisa Ulfa Kodriyah dan Risa masih dirawat di Klinik Azzara Ujungbatu.***(cr01/rtcl)