Riau Raya

Astaga, Ada 3 Warga Pekanbaru Terduga Terjangkit Virus MERS

PEKANBARU- Sangat mengejutkan, ada Tiga warga Kota Pekanbaru, Riau, diduga terjangkit Middle East Respiratory Syndrome Corona Virus (MERS-CoV). Kini, mereka dalam perawatan khusus.

"Benar, ada warga kita yang statusnya masih terduga MERS," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau Zainal Arifin di Pekanbaru, seperti dilansir Metrotvnews.com, Rabu (7/5/2014).

Menurut dia, ketiganya kini ditangani secara khusus di ruang isolasi sambil menunggu hasil pemeriksaan Laboratorium Kementerian Kesehatan di Jakarta. Hanya saja, Zulkifli belum bersedia memberikan keterangan identitas pasien.

"Mereka baru pulang umrah dan terdapat indikasi seperti MERS," tambahnya.

Dokter Azizman Saad, dokter spesialis paru yang menangani kasus tersebut mengatakan ketiga pasien sempat mengalami panas tinggi dan sesak napas. Menurut dia, dua terduga kini dirawat di ruang isolasi RSUD Arifin Achmad dan satu lagi di ruang isolasi RS Awal Bros. "Pemeriksaan terakhir, kondisi pasien sudah membaik dan panasnya sudah turun," kata Azizman.

Ia mengatakan telah mengambil sampel swap (cairan tenggorokan) dan darah ketiga pasien untuk diperiksa di Laboratorium Kementerian Kesehatan di Jakarta. "Baru hari ini sampelnya kami kirim ke Jakarta, jadi belum ada konfirmasi ketiganya positif MERS," ujarnya.

Sebelumnya, seorang pasien berinisial KHS, 64, asal Medan meninggal di RSUP Haji Adam Malik pada Minggu (4/5/2014) setelah menderita sesak nafas sepulangnya dari ibadah umrah karena diduga MERS. Seorang pasien terduga MERS kini juga menjalani perawatan khusus di ruang isolasi rumah sakit tersebut. (Rep05)