Sport

Waw, Gol Ronaldo Selamatkan Madrid!

MADRID–Laga dramatis tersaji saat Real Madrid menjamu Valencia di jornada ke-36 La Liga. Nyaris kalah, Cristiano Ronaldo menyelamatkan muka Madrid berkat gol cantiknya di masa injury time untuk memaksakan hasil akhir 2-2.
 
Berlaga di Estadio Santiago Bernabeu, Senin 5 Mei dini hari WIB, Madrid langsung tancap gas. Berita kekalahan Atletico Madrid atas Levante (0-2) semakin menambah semangat anak-anak Los Blancos.
 
El Real langsung membuka peluang pada menit kedua. Gareth Bale memberikan umpan manis ke Ronaldo. Sayang, tendangan keras Ronaldo dari dalam kotak penalti masih bisa diblok Diego Alves.
 
Beberapa menit berselang, Madrid kembali punya peluang. Bale menunjukkan skillnya dalam membongkar pertahanan Valencia dan mengirim umpan silang yang ditanduk Karim Benzema. Sayang, arah bola masih tipis di atas mistar. 
 
Tampil di bawah tekanan, bukan berarti Valencia tak bisa mengancam. Buktinya, pada menit ke-15, kubu Los Che menebar teror nyata lewat serangan balik.
 
Menyisir sisi kiri pertahanan Madrid, Sofiane Feghouli melepas umpan silang yang ditanduk Daniel Parejo di muka gawang. Apes bagi Valencia, bola hanya menghantam mistar gawang.
 
Ronaldo! Menit ke-25 megabintang Portugal punya dua peluang emas. Pertama lewat tendangan keras, hasil assist Benzema. Dan yang kedua lewat tandukan, meneruskan sepak pojok Isco. Sayang, dua peluang itu masih mampu dimentahkan Alves.
 
Ronaldo terus menebar terror ke pertahanan Valencia. Seperti di menit ke-40, dia melakukan sprint ke jantung pertahanan Los Che untuk kemudian sedikit meliuk dan melepaskan tembakan kaki kiri keras dari tepi kotak penalti. Namun lagi-lagi, Alves menjadi penghalangnya dalam mencetak gol ke-31nya di La Liga musim ini.
 
Valencia cukup merepotkan dengan serangan baliknya. Pada menit ke-42, Feghouli melepas tembakan keras namun, masih bisa ditepis Diego Lopez dan hanya menghasilkan tendangan pojok.
 
Namun, justru di skema ini Madrid harus rela gawangnya kebobolan. Jeremy Mathieu berhasil menyambar umpan sepak pojok Daniel Parejo dan membawa Valencia unggul 1-0 di babak pertama.
 
Masuk interval kedua, Madrid langsung mengambil inisiatif serangan. Angel Di Maria yang baru masuk di awal babak kedua langsung menebar teror dengan kecepatan berlarinya di sisi lapangan.
 
Saat coba melepaskan umpan ke muka gawang, Di Maria mengklaim hadiah penalti dari wasit lantaran tendangannya membentur tangan Joao Perreira. Protes pun sempat dilancarkannya sehingga membuatnya terkena kartu kuning.
 
Sayangnya, wasit tidak menganggap insiden tersebut pantas dihadiahi penalti, meski tayangan ulang menunjukkan bahwa bola memang mengenai tangan Perreira.
 
Lepas dari insiden tersebut, Madrid makin menggila dalam menekan pertahanan Valencia. Ronaldo punya peluang lewat tendangan keras memanfaatkan sepak pojok. Namun, lagi-lagi Alves melakukan penyelamatan gemilang.
 
Gempuran demi gempuran yang dilancarkan kubu Madrid akhirnya membuahkan hasil pada menit ke-60. Sergio Ramos membuat kedudukan imbang 1-1 lewat tandukannya usai memanfaatkan assist sundulan Ronaldo yang berawal dari tendangan bebas.
 
Namun, euforia anak-anak Madrid hanya bertahan empat menit. Pasalnya, Valencia berhasil unggul lagi lewat gol Dani Parejo. Memanfaatkan umpan silang mendatar Feghouli, eks pemain Madrid ini sukses menyontek bola untuk membawa Valencia unggul 2-1 di menit ke-64.
 
Ronaldo! Dia sangat berambisi membobol gawang Valencia. Kali ini, dia kembali menusuk ke kotak penalti dan melepaskan sepakan yang mengarah ke pojok bawah gawang, namun, Alves sukses menggagalkannya.
 
Menit ke-77, Ronaldo kembali harus gigit jari lantaran upayanya berhasil digagalkan Alves yang tampil cemerlang. Kali ini, tendangan kerasnya berhasil diblok kiper asal Brasil tersebut.
 
Masuk 10 menit terakhir, intensitas serangan Madrid kian deras. Alvaro Morata masuk menggantikan Benzema di menit ke-84. Dua menit masuk lapangan, striker jebolan akademi Madrid ini punya peluang.
 
Sayang, sepakan kerasnya dari luar kotak penalti masih melayang tipis di atas mistar. Ronaldo tampak kesal karena Morata tidak mengoper kepadanya yang berdiri bebas tanpa kawalan di sisi lapangan.
 
Memasuki lima menit tambahan waktu, Madrid yang melancarkan serangan sporadis akhirnya selamat dari kekalahan. Adalah Ronaldo yang sukses memaksakan hasil 2-2 lewat gol cantiknya memanfaatkan assist Di Maria. Tendangan backheel akrobatik CR7 memaksakan hasil 2-2 bertahan hingga laga usai.
 
Meski berhasil selamat dari kekalahan, namun hasil ini tentunya tidak menguntungkan Madrid. Pasalnya, mereka masih tertinggal lima poin dari rival sekotanya, Atletico Madrid yang pada laga sebelumnya kalah 0-2 dari Levante.
 
Namun, Madrid masih punya satu pertandingan lebih banyak dari Atletico. Jika mampu memenangi laga tunda yang belum dimainkan, maka El Real masih tertinggal dua poin.
 
Dan itu membuat persaingan gelar juara La Liga akan terus menarik hingga kompetisi berakhir. Di dua sisa laga (Madrid masih tiga), Atletico masih dipuncak dengan 88 poin, diikuti Barcelona (85) dan Madrid dengan 83 poin. 
 
Susunan Pemain:
REAL MADRID: Lopez, Carvajal, Ramos, Varane, Marcelo, Alonso, Illarramendi/Di Maria (46’), Isco/Casemiro (72’), Bale, Ronaldo, Benzema/Morata (84’).
 
VALENCIA: Alves, Joao, Costa, Mathieu, Bernat, Fuego, Keita, Parejo, Feghouli, Vargas, Alcacer/Jonas (67’). (Rep05/OZ)