Sport

MU Tumbang dari Sunderland

Manchester United (MU) takluk 0-1 dari Sunderland pada lanjutan Premier League di Stadion Old Trafford, Sabtu (3/5/2014). 
 
Kemenangan ini membuat Sunderland tidak terkalahkan dalam empat laga terakhirnya. Sebelumnya, mereka sukses mengalahkan Chelsea 2-1 di Stadion Stamford Bridge pada Sabtu (19/4/2014) dan menahan imbang Manchester City 2-2 di Stadion Etihad, Rabu (16/4/2014). 
 
MU sebenarnya mampu tampil menekan sejak menit-menit awal. Akan tetapi, absennya Wayne Rooney di lini depan membuat serangan skuad Setan Merah kurang agresif. Beberapa kali mereka terlihat kesulitan ketika sudah berada di jantung pertahanan lawan. 
 
Peluang pertama MU diciptakan Nani pada menit ke-19. Namun, bola tendangannya seusai menerima umpan Michael Carrick dari luar kotak penalti masih melambung tipis di atas mistar gawang Sunderland. 
 
Meski menguasai jalannya laga, justru MU yang harus kebobolan lebih dulu. Sunderland yang lebih banyak mengandalkan serangan balik mampu memanfaatkan kelengahan para pemain belakang MU untuk mencetak gol melalui torehan Sebastian Larsson pada menit ke-30.
 
Menerima umpan Connor Wickham, Larsson mencoba menerobos kotak penalti MU. Setelah itu, dia melepaskan tendangan keras yang bolanya masuk ke pojok kanan gawang MU tanpa mampu dihalau kiper David De Gea. 
 
Tertinggal, MU langsung mencoba membalas. Namun, buruknya para pemain sayap ketika mengirimkan umpan silang ke tengah kotak penalti, membuat serangan MU dengan mudah dipatahkan bek-bek lawan. 
 
Pada menit ke-44, MU kembali mendapatkan peluang emas untuk menyamakan kedudukan. Sayang, bola tendangan Juan Mata dari dalam kotak penalti masih dapat diantisipasi dengan baik oleh kiper Sunderland, Vito Mannone. 
 
Selepas turun minum, MU masih mendominasi pertandingan. Namun, rapatnya barisan pertahanan Sunderland, membuat Michael Carrick dan kawan-kawan kesulitan mengembangkan permainan. 
 
Caretaker MU, Ryan Giggs, pun memasukkan Robin van Persie, Adnan Janujaz dan Danny Welbeck untuk menambah daya gedor skuadnya. Namun, beberapa kali peluang yang diperoleh mereka belum dapat dimaksimalkan dengan baik. 
 
Pada menit ke-81, misalnya, ketika Hernandez mendapatkan kesempatan di dalam kotak penalti seusai menerima umpan silang Patrice Evra. Bola tendangan Hernandez pun masih melayang di atas mistar gawang. 
 
Hasil ini membuat posisi MU tidak beranjak dari peringkat ketujuh klasemen sementara Premier League dengan poin 60. Sementara itu, Sunderland masih menempati posisi ke-17 dengan perolehan poin 35.
 
Susunan pemain:
MU: 1-David De Gea, 4-Phil Jones, 5-Rio Ferdinand, 15-Nemanja Vidic, 3-Patrice Evra, 17-Nani (44-Adnan Janujaz 52), 16-Michael Carrick, 24-Darren Fletcher, 18-Ashley Young (19-Danny Welbeck 67), 8-Juan Mata (20-Robin van Persie 66), 14-Javier Hernandez.
Caretaker: Ryan Giggs
 
Sunderland: 25-Vito Mannone, 27-Santiago Vergini, 28-Marcos Alonso, 5-Wes Brown, 16-John O'Shea, 33-Lee Cattermole, 7-Sebastian Larsson (26-Liam Bridcutt 74), 14-Jack Colback, 11-Adam Johnson (23-Emanuele Giaccherini 58), 31-Fabio Borini, 10-Connor Wickham (17-Jozy Altidore 65)
Manajer: Gustavo Poyet
 
Wasit: Howard Webb. (rep05)