Peringati Hardiknas

Wako: Kita akan tingkatkan kompetensi guru

PEKANBARU - Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tanggal 2 Mei 2014, Walikota Pekanbaru berjanji akan memperbaiki kualitas para guru di Pekanbaru dengan melakukan pendidikan dan pelatihan (Diklat).
 
"Kita akan tingkatkan kompetensi guru. Tahun ini akan ada diklat selevel eselon IIIa bagi para guru di lingkungan Pemko," ujar Firdaus MT, usai memimpin upacara Hardiknas, seperti yang dilansir dari Riauterkini.
 
Firdaus mengakui peran pemerintah kota untuk peningkatan SDM selama ini sudah baik, meski belum maksimal. Khususnya untuk peningkatan kualitas para pengajar. Selain juga penyebaran para guru di berbagai jenjang pendidikan mulai dari SD hingga SMU belum merata.
 
Dikatakannya, saat ini pengajar untuk tingkat SD masih sangat kurang, sementara di sisi lain jumlah para guru untuk jenjang SMP dan SMA untuk bidang studi tertentu berlebih. 
 
"Untuk menyiasatinya, tahun ini kami akan buat kontrak dengan para guru yang berlebih di mata pelajaran tertentu. Mereka akan kami transfer dari guru SMA ke guru SD," urainya.
 
Firdaus menegaskan kini Pemko masih mempelajari sistemnya agar tidak menyalahi peraturan. Sementara untuk para guru yang bersedia ditransfer akan dididik khusus agar bisa menjadi guru kelas di SD.
 
Diakui Wako, meski ada kekurangan, namun ada juga keberhasilan pembangunan di bidang pendidikan yang bisa dibanggakan. Yakni tetap diberikannya porsi yang besar oleh Pemko terhadap anggaran pendidikan tiap tahunnya. Bahkan tahun ini anggaran bagi dunia pendidikan mencapai 38 persen dari total APBD kota Pekanbaru senilai Rp2,7 triliun. 
 
"Kami juga komit untuk menyukseskan wajib belajar (wajar) 9 tahun menjadi 12 tahun. Ada juga bantuan beasiswa dari tingkat SD hingga perguruan tinggi. Ada juga bantuan kelengkapan alat tulis bagi 20 ribu anak," urainya. 
 
Untuk infrastruktur, Pemko tahun ini sudah membangun gedung baru dan renovasi 100 unit sekolah.
 
"Tahun 2014 akan masih kita tambah selain APBD juga lewat APBN seperti MAN 3 di Tampan. Kepada Disdik juga sedang menyusun masterplan, saat ini yang mendesak di Kecamatan Tampan, khususnya SD," singkatnya.***(rep01/rtc)