Sport

Berkat Rooney-Mata, Debut Giggs Berbuah Manis

Ryan Giggs melakoni debut gemilang sebagai manajer sementara Manchester United. Setan Merah berhasil mengalahkan Norwich City 4-0 pada lanjutan Premier League di Stadion Old Trafford, Sabtu (26/4/2014). Kemenangan MU ditentukan oleh gol Wayne Rooney (41,28) dan Juan Mata (63,73).  
 
Giggs ditunjuk sebagai manajer sementara setelah klub memecat David Moyes pada Selasa (22/4/2014). MU bermain dengan penuh semangat sejak menit awal. Ancaman pertama Setan Merah datang dari tendangan keras Danny Welbeck pada menit ke-14. Sayang, bola hasil tembakan Welbeck mampu ditepis Jon Ruddy.
 
Setelah itu, Wayne Rooney dan kawan-kawan menekan lawan dengan memeragakan umpan-umpan pendek. Usaha mereka akhirnya membuahkan hasil melalui gol penalti yang diciptakan Rooney pada menit ke-41.
 
Wasit Lee Probert langsung menunjuk titik putih setelah Welbeck dijatuhkan Steven Whittaker di kotak terlarang. Rooney yang maju sebagai algojo sukses menyarangkan bola ke sisi kanan gawang Norwich. Gol ini sekaligus memastikan keunggulan MU dengan skor 1-0.
 
Rooney kembali mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-48. Menerima bola dari Kagawa di luar kotak penalti, Rooney melepaskan tendangan keras yang tak mampu dibendung John Ruddy. 
 
Giggs melakukan perubahan setelah timnya unggul 2-0. Ia memasukkan Juan Mata untuk menggantikan Welbeck pada menit ke-60. Baru tiga menit berada di lapangan, Mata mencetak gol yang membuat timnya unggul 3-0. Gol berawal dari umpan Jones ke dalam kotak penalti. Mata menyambut umpan tersebut dengan sepakan keras dan gol. 
 
Giggs kembali tersenyum setelah Mata mencetak gol keduanya pada menit ke-73. Gol berawal dari umpan Young ke dalam kotak penalti. Valencia kemudian meneruskan bola. Mata menyambut umpan tersebut dengan tandukan keras yang memaksa Ruddy memungut bola di gawangnya sendiri. 
 
Meski unggul 4-0, MU tidak mengendurkan serangannya. Hernandez nyaris mencetak gol pada masa injury time. Dari serangan balik, Mata memberikan umpan terobosan kepada Hernandez yang tinggal berhadapan dengan Ruddy. Namun, peluang emas itu sirna karena tendangan Hernandez melenceng.  
 
Susunan Pemain
Manchester United: 1-David De Gea; 3-Patrice Evra, 4-Phil Jones, 5-Rio Ferdinand, 15-Nemanja Vidic; 16-Michael Carrick, 23-Tom Cleverley (Javier Hernandez 71), 25-Antonio Valencia, 26-Shinji Kagawa (Young 65); 10-Wayne Rooney, 19-Danny Welbeck (Mata 60)
Manajer: Ryan Giggs
 
Norwich City: 1-John Ruddy; 2-Russell Martin, 3-Steven Whittaker, 6-Michael Turner, 23-Martin Olsson; 4-Bradley Johnson, 7-Robert Snodgrass, 8-Jonathan Howson, 22-Nathan Redmond (Gary Hooper 69); 9-Ricky van Wolfswinkel (Elmander 56), 10-Leroy Fer
Manajer: Neil Adams
 
Wasit: Lee Probert. (rep05)