Politik

Pleno Hasil Pemilu 2014, KPU Riau Terbang ke Jakarta

Pekanbaru-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau telah menyerahkan hasil rapat pleno rekapitulasi perhitungan perolehan suara Pemilu Legislatif (Pileg) 2014 ke KPU RI, Jumat (25/4/2014). Selanjutnya, hasil Pileg Riau kembali diplenokan bersama KPU provinsi lain oleh KPU RI, Sabtu (26/4) ini di Jakarta.
 
"Kami sudah di Jakarta membawa hasil pleno untuk diserahkan ke KPU Pusat nanti malam (tadi malam)," kata Ketua KPU Riau, Nurhamin saat dihubungi dari Pekanbaru.
 
Ia mengatakan, pleno KPU RI akan dilaksanakan dalam beberapa gelombang. Riau, menurutnya, masuk dalam gelombang pertama yang plenonya dimulai Sabtu ini.
 
Soal penetapan calon anggota legislatif yang lolos, Nurhamin mengatakan, jika nantinya tidak ada gugatan, data akan difinalkan pada 10 hingga 15 Mei mendatang.
 
Nurhamin mengakui banyaknya terjadi permasalahan dalam pelaksanaan Pileg 2014 di Riau, sehingga dibutuhkan suatu pemetaan dan pembenahan sumber daya manusia penyelenggara.
 
"Pemetaan atau mapping masalah telah dan akan dilakukan terhadap penyelenggara Pemilu mulai dari tingkat Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilu Kecamatan (PPK)," katanya.
 
Nurhamin mengatakan, pembenahan SDM terhadap penyelenggara Pemilu baik tingkat KPPS, PPS maupun PPK perlu dilakukan segera, mengingat banyaknya kesalahan yang ditemukan pada penyelenggara di tingkat lapangan.
 
"Pembenahan tersebut penting dilakukan, agar pada Pemilihan Presiden (Pilpres) mendatang tidak terjadi lagi kesalahan yang sama," kata Nurhamin.(rep05/hrc)