Politik

Akhirnya Suryadharma Ali: Saya Minta Maaf

Jakarta-Pertemuan tertutup antara ketua umum PPP Suryadharma Ali (SDA) dan sejumlah fungsionaris partai akhirnya menghasilkan islah. Dengan adanya kesimpulan tersebut, suara dari parpol berbasis Islam itu kembali bersatu.
 
"Saya minta maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia dan para pemilih PPP bila terganggu dengan kondisi ini," kata SDA usai melakukan konsolidasi tersebut sebelum pelaksanaan Mukernas ke-3 di Cisarua Bogor, Rabu (23/4).
 
Dia menambahkan, kisruh serta perbedaan pendapat yang selama ini muncul antar pengurus serta kader, telah berakhir. Pihaknya juga menerima fatwa dari Ketua Majelis Syariat PPP Muaimu Zubair yang menginginkan partai ini bersatu.
 
Kemudian, mengenai koalisi dengan Gerindra, dia menambahkan, secara pribadi memang ada keberpihakan ke arah sana. Namun tidak untuk PPP. Menurutnya, dukungan itu akan dibentuk secara formal melalui mekanisme parpol. "Secara pribadi saya mendukung, tapi kelembagaan kembali ke nol," ujar dia.
 
Sedangkan, bagaimana upaya SDA meluruskan permasalahan ini ke Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Prabowo Subianto, itu akan menjadi urusannya secara langsung. Sebab, PPP sendiri menyatakan, belum memulai koalisi ke pihak manapun. (rep05)