Fokus Rohil

Pemerataan Teknologi Kesehatan

Bupati Rohil, H Suyatno

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) belakangan ini berupaya meningkatkan kualitas sumber daya kesehatan secara merata melalui sistem pemerataan teknologi yang optimal. Karena, memanfatkan teknologi dalam meningkatnya pelayanan kesehatan sudah menjadi tuntutan zaman.

Sebab, pelayanan kesehatan kepada masyarakat harus benar-benar tepat guna. Dengan begitu, upaya peningkatan status Puskesmas Pembantu (Pustu) bisa naik menjadi Puskesmas, Puskesmas menjadi Puskesmas Rawat Inap untuk mencapai pemerataan kesehatan terutama bagi masyarakat miskin melalui akses yang singkat.

Terjaminnya kesehatan ibu dan anak juga tak lepas dari perhatian. Selain itu, jaminan bagi ibu hamil dan pasca kehamilan juga menjadi tanggung jawab pemerintah. Semua kebijakan yang telah diambil, hasilnya telah didapat, atau pun yang masih dalam perencanaan harus dijalankan. Karena, sesungguhnya upaya ini merupakan implementasi dari visi, misi Rokan Hilir, demi cita-cita mulia meningkatkan kualitas kesehatan seluruh masyarakat.
    
Begitu pentingnya mengedepankan peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan dan kesehatan, seyogya harus dioptimalkan dengan memanfaatkan sumber daya alam guna perbaikan dan peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan. Terutama Rohil, penghasil sumber daya alam yang melimpah, harus benar-benar berjalan sesuai koridor Undang-undang Kesehatan dan Pendidikan.

Dewasa ini, Kabupaten Rokan Hilir telah tumbuh dan berkembang dengan pesat dalam pembangunan di segala bidang, baik fisik maupun program-program percepatan peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui peningkatan dan pengembangan pendidikan dan kesehatan. Hal ini dapat dilihat secara nyata dalam pelaksanaan pembangunan yang telah dilaksanakan, sedang dilaksanakan, maupun program-program meski masih dalam perencanaan yang terus digesa untuk dipercepat realisasinya dalam upaya membangun bersama rakyat untuk mensejahterakan rakyat dalam bingkai Negeri Seribu Kubah. (rep1)