Politik

Kenapa PKB Kapok Koalisi dengan Partai Islam? Ini Alasannya

Jakarta-Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa Marwan Jafar mengkritisi manuver politisi senior PAN, Amien Rais yang menggagas konsep koalisi poros baru bertajuk Indonesia Raya. 
 
"Jangan-jangan ada udang di balik batu (manuver Amien Rais) dengan mengatasnamakan Umat Islam, tapi ujungnya diarahkan ke calon tertentu," kata Marwan dalam diskusi Polemik Sindo Trijaya Radio,di Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (19/4/2014). 
 
Amien Rais diketahui mengusung koalisi Indonesia Raya saat menggelar pertemuan dengan sejumlah tokoh partai Islam, beberapa waktu lalu. Amien beralasan, poros koalisi Indonesia Raya bisa merangkul seluruh anak bangsa.
 
Terkait hal itu, Marwan menyebut, PKB kini sedang mencermati dengan baik maksud pertemuan yang digelar pada Kamis lalu. "Kalau memang koalisi, itu bisa langsung ke Ketua Umum. Tidak harus dikumpulkan seperti ini, seolah mengatasnamakan partai, umat atau forum Islam," sebutnya.
 
Disinggung apakah PKB kecewa dengan manuver Amien Rais yang sebelumnya mengusung kemudian menjatuhkan Gus Dur dari kursi RI 1, Marwan mengamininya. "Berkali-kali Pak Muhaimin bilang, saya sudah kapok berkoalisi dengan partai Islam. Karena memang rata-rata komitmennya rendah dalam berkoalisi," tegasnya. (rep05)